Mengejutkan! Meski Sederhana, Desa Pariangan Dipilih Media Amerika Sebagai Desa Terindah di Dunia

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mengejutkan! Meski Sederhana, Desa Pariangan Dipilih Media Amerika Sebagai Desa Terindah di Dunia

Mengejutkan! Meski Sederhana, Desa Pariangan Dipilih Media Amerika Sebagai Desa Terindah di Dunia

KEPONEWS.COM - Mengejutkan! Meski Sederhana, Desa Pariangan Dipilih Media Amerika Sebagai Desa Terindah di Dunia Sekilas desa ini terlihat tidak terlalu berbeda dengan desa-desa lainnya yang ada di Sumatera Barat. Deretan rumah-rumah penduduk yang berbaris rapi secara yang dihubungkan oleh puluhan anak tangga ya...

pariangan2

Sekilas desa ini terlihat tidak terlalu berbeda dengan desa-desa lainnya yang ada di Sumatera Barat. Deretan rumah-rumah penduduk yang berbaris rapi secara yang dihubungkan oleh puluhan anak tangga yang bertingkat-tingkat mengikuti lekukan kontur tanah yang tampak menurun dan kemudian mendaki. Hijaunya kebun-kebun penduduk tampak diselingi oleh pepohonan yang rindang meneduhi desa itu.

imgrumnetfoto : imgrum.net

Desa yang dalam bahasa Minangkabau di sebut dengan nama Nagari ini didominasi oleh rumah-rumah semi permanen yang sebagian besar bercorak bangunan ala Minangkabau dengan atap gonjongnya yang runcing bagaikan tanduk kerbau. Dengan sebuah Mesjid tua yang berada di bagian awal jalan masuk desa yang dilengkapi dengan sebuah kolam kecil didepannya, semakin menambah kentalnya nuansa tradisional di desa yang tercatat sebagai desa tertua di Minangkabau ini.

Inilah dia Nagari Pariangan, sebuah desa yang baru-baru ini sempat menghebohkan karena oleh media Travel Budget, sebuah situs Travelling Amerika yang cukup berpengaruh di dunia pariwisata internasional, desa ini dinobatkan sebagai desa terindah di dunia. Nagari Pariangan ini mengalahkan beberapa desa indah lainnya yang dinominasikan menjadi pesaingnya dari seluruh dunia, diantaranya desa-desa dari benua Eropa, Amerika dan beberapa lokasi lain di asia. Desa yang terletak di Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat ini, tepat berada lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 meter diatas permukaan laut.

padangproperti.compadangproperti.com

Lalu apa yang menyebabkan nagari ini terpilih sebagai desa terindah di dunia? Dalam media tersebut disebutkan bahwa faktor keindahan topografi alamnya yang berlatarbelakang gunung Marapi, terjaganya keaslian situs-situs sejarah sebagai peninggalan desa tertua di Minangkabau, dan corak kehidupan masyarakatnya yang masih mempertahankan nilai-nilai budaya asli dan kearifan lokal yang tinggi, menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi penilaian media Travel Budget dalam menganugerahkan gelar bergengsi ini.

Nah, jikalau orang asing saja mengagumi dan menganggap negeri kita sebagai sebuah negeri yang paling indah, kenapa sebagian dari kita malah lebih merasa bangga apabila telah berkunjung dan berwisata ke luar negeri yang tentu saja akan berbiaya lebih mahal? Bukankah ternyata kepingan surga itu ternyata ada di sekitar kita?

Comments