Mengapa dan bagaimana Inggris mengembalikan Hong Kong ke Cina?

Internasional

News / Internasional

Mengapa dan bagaimana Inggris mengembalikan Hong Kong ke Cina?

Mengapa dan bagaimana Inggris mengembalikan Hong Kong ke Cina?

KEPONEWS.COM - Mengapa dan bagaimana Inggris mengembalikan Hong Kong ke Cina? Presiden Cina, Xi Jinping, sudah tiba di Hong Kong untuk memperingati 20 tahun penyerahan wilayah itu dari Inggris ke Cina pada Sabtu 1 Juli yang dipastikan akan diwarnai dengan aksi unjuk rasa....
Loading...

Presiden Cina, Xi Jinping, sudah tiba di Hong Kong untuk memperingati 20 tahun penyerahan wilayah itu dari Inggris ke Cina pada Sabtu 1 Juli yang dipastikan akan diwarnai dengan aksi unjuk rasa.

Tanggal 1 Juli 1997, Hong Kong kembali menjadi milik Cina, yang menerapkan kebijakan dua Cina untuk memberikan keleluasaan kepada Hong Kong mempertahankan sistem sosial, ekonomi, dan politiknya.

Namun belakangan ini muncul kekhawatiran bahwa pengaruh pemerintah Beijing semakin kuat di Hong Kong.

Berikut lima hal yang perlu Anda ketahui dari penyerahan bersejarah .

Apa yang membuat Inggris menyerahkan Hong Kong?

Inggris merebut Pulau Hong Kong pada 1842 setelah mengalahkan Cina dalam Perang Candu Pertama. Setelah Perang Candu Kedua, Beijing dipaksa menyerahkan Kowloon, daerah di seberang Hong Kong, pada 1860.

Tahun 1898, untuk menguatkan kontrol di daerah, Inggris menyewa lahan yang sebagian besar berada di sisi utara -yang dikenal sebagai New Territories- dengan janji akan mengembalikannya kembali ke Cina dalam 99 tahun.

Hong Kong berkembang dengan sangat cepat di bawah kekuasaan Inggris dengan menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi dan keuangan dunia.

Kemudian pada 1982, London dan Beijing memulai perundingan yang sulit mengenai prosedur dan syarat-syarat pengembalian Hong Kong ke Cina.

Hong Kong menerapkan sistem ekonomi dan politik yang sangat berbeda dengan Cina daratan, yang semenjak 1949 berada di bawah kekuasaan Partai Komunis, satu-satunya partai yang dibolehkan berdiri di negara tersebut.

Apa yang disepakati soal masa depan Hong Kong? Hong KongGetty ImagesInggris merebut Pulau Hong Kong pada 1842 setelah mengalahkan Cina dalam Perang Candu Pertama.

Cina setuju untuk memerintah Hong Kong berdasarkan prinsip 'satu negara, dua sistem' di mana Hong Kong akan menikmati 'otonomi luas, kecuali untuk urusan pertahahanan dan luar negeri' selama 50 tahun ke depan.

Comments