Mengapa Bulan Tampak Lebih Besar di Cakrawala?

Unik

Ragam / Unik

Mengapa Bulan Tampak Lebih Besar di Cakrawala?

Mengapa Bulan Tampak Lebih Besar di Cakrawala?

KEPONEWS.COM - Mengapa Bulan Tampak Lebih Besar di Cakrawala? Jikalau Anda pernah melihat Bulan terbit di atas cakrawala, tampak begitu besar dan megah seakan anda merasa seperti bisa jatuh tepat ke dalamnya, maka anda sudah menjadi korban dari Ilusi bulan atau...


Jikalau Anda pernah melihat Bulan terbit di atas cakrawala, tampak begitu besar dan megah seakan anda merasa seperti bisa jatuh tepat ke dalamnya, maka anda sudah menjadi korban dari Ilusi bulan atau Moon Illusion yang terkenal itu. Dan itu merupakan ilusi, yang pervasif dan persuasif.

Jadi, bagaimana hal itu dapat terjadi? Pertanyaan yang bagus

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Salah satu ilusi yang terkenal merupakan Ilusi Ponzo. Anda sudah pernah melihatnya: kasus yang paling sederhana merupakan ketika dua garis horizontal, satu di atas yang lainnya, berada diantara dua garis miring vertikal yang berdekatan. Nah, garis horisontal bagian atas akan terlihat lebih panjang dari garis yang berada di bawah, meskipun mereka sama panjang.

Ilusi bekerja karena otak kita sedikit aneh. Garis miring membuat kita berpikir bahwa apa pun di dekat bagian atas berarti lebih jauh, garis vertikal miring ini memaksa otak kita untuk berpikir bahwa garis ini sejajar tapi terlihat mendekat di kejauhan (seperti rel kereta api). Dua garis horizontal secara fisik sama panjang, namun otak kita berpikir yang diatas ialah yang lebih jauh. Jikalau itu yang lebih jauh, maka garis yang diatas haruslah lebih besar daripada yang dibawah. Jadi kita merasa seperti itu.

Dan dibawah ini contoh sebuah foto yang indah dari ilusi Ponzo:

Dalam foto diatas ini Anda akan melihat bahwa garis merah vertikal yang di sebelah kanan jauh lebih panjang daripada yang di sebelah kiri, bukan? Tampaknya garis yang sebelah kanan hampir dua kali lebih panjang. Ini ialah persepsi yang sangat kuat.

Tapi sebenarnya TIDAK! Kalau anda tidak percaya, potonglah foto pada dua garis merah dan tempatkan mereka secara berdampingan, maka dua garis merah itu seharusnya persis sama panjang.


foto setelah dipotong dan didampingkan

Contoh diatas ialah contoh yang sangat bagus karena menggunakan gambar kehidupan nyata (foto). Anda dapat melihat ubin dinding semakin mengecil terhadap jarak, dan tata letak horizontal mereka, lengkap dengan garis antara mereka, memaksa otak Anda untuk melihat garis di sebelah kanan sebagai yang lebih jauh. Inilah ilusi Ponzo!.

Ilusi ini sering terjadi termasuk ketika Bulan atau Matahari sedang terbit dan terbenam. Ilusi bulan ini sebagian karena efek yang sama, tetapi diharapkan juga pemahaman Anda perihal bagaimana kita memandang/ menggambarkan langit.

Jikalau ditanyakan apa bentuk langit di atas kepala Anda, Anda mungkin akan menjawab Hemisphere (setengah bola). Namun pada kenyataannya, hampir semua orang merasakan bahwa langit itu merupakan sebuah mangkuk terbalik, yang rata atasnya. Begini: jikalau langit merupakan separuh bola di atas Anda, Anda akan mengatakan bahwa cakrawala sama jauhnya dengan zenit. Namun pada kenyataannya kebanyakan orang menganggap cakrawala lah yang lebih jauh daripada titik lurus di atas kepala mereka. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, bayangkan ketika langit berawan. Awan di atas kepala Anda mungkin dua atau tiga kilometer jauhnya, tapi jikalau awan berada di cakrawala, mereka akan terasa seperti 100 kilometer jauhnya!

Jadi ketika Bulan berada di cakrawala, otak Anda berpikir bulan itu jauh, lebih jauh daripada ketika bulan berada diatas kepala anda. Ilusi Ponzo terjadi: otak Anda melihat Bulan menjadi lebih besar, dan sepertinya Anda bisa jatuh ke dalamnya. Ilusion ini juga berlaku untuk Matahari. Bahkan, beberapa orang pernah melihat konstelasi Orion ketika terbit dan tampak seperti tersebar di setengah langit. Ini merupakan ilusi yang sangat kuat.

Anehnya, ketika bulan di cakrawala, Bulan sebenarnya lebih jauh dari kita daripada ketika dia berada diatas kepala kita. Memang selisihnya tidak besar, hanya beberapa ribu kilometer (dibandingkan dengan jarak keseluruhan Bulan yang sekitar 400.000 kilometer). Lihatlah keahlian photoshop kami dibawah ini:

Comments