Mengapa begitu banyak orang yang meninggal karena gigitan ular?

Internasional

News / Internasional

Mengapa begitu banyak orang yang meninggal karena gigitan ular?

Mengapa begitu banyak orang yang meninggal karena gigitan ular?

KEPONEWS.COM - Mengapa begitu banyak orang yang meninggal karena gigitan ular? Puluhan ribu orang di seluruh dunia meninggal karena gigitan ular setiap tahun. Tak adanya perawatan yang tepat dan obat yang salah mengakibatkan banyaknya korban yang sebenarnya dapat dicegah. Namun...

Puluhan ribu orang di seluruh dunia meninggal karena gigitan ular setiap tahun.

Tak adanya perawatan yang tepat dan obat yang salah mengakibatkan banyaknya korban yang sebenarnya dapat dicegah.

Namun di sebagian tempat di dunia ini, risiko gigitan ular dihadapi setiap hari, yang bisa berakibat fatal.

Para korban sering kali tidak mendapatkan pengobatan pada waktunya. Dan pada sejumlah kasus lain, mereka diberi obat untuk luka karena gigitan jenis ular yang berbeda sehingga tak bisa sembuh.

Sekitar 11.000 orang diperkirakan meninggal setiap bulan karena gigitan ular berbisa, jumlah yang sama korban meninggal antara tahun 2014-2016 karena krisis Ebola di Afrika Barat.

Sekitar 450.000 orang setiap tahun diperkirakan mengalami luka-luka fatal yang menyebabkan ambutasi atau cacat permanen.

Skala masalah ini menyebabkan gigitan ular menjadi priortas yang terbengkalai dalam penyakit tropis.

Siapa yang digigit? Anak-anak yang melewati ladang dan hutan saat ke sekolah bisa menjadi korban gigitan ular.Getty Images Anak-anak yang melewati ladang dan hutan saat ke sekolah bisa menjadi korban gigitan ular.

Di negara-negara maju seperti Eropa, Australia dan Amerika Utara- gigitan ular hanya menimbulkan sejumlah korban, walaupun banyak spesies ular berbisa.

Sementara di sub-Sahara Afrika, jumlah kematian karena gigitan ular mencapai 32.000 orang, dan jumlahnya dua kali lipat di Asia Selatan.

Komunitas di pedesaan di daerah tropis selalu berisiko menghadapi gigitan ular, apakah di ladang, saat bepergian pada dini hari atau saat tidur di rumah.

Comments