Mengamuk, Fans Kecewa dengan Marketing Wolfenstein 2!

Games

Updates / Games

Mengamuk, Fans Kecewa dengan Marketing Wolfenstein 2!

Mengamuk, Fans Kecewa dengan Marketing Wolfenstein 2!

KEPONEWS.COM - Mengamuk, Fans Kecewa dengan Marketing Wolfenstein 2! Alih-alih memasang iklan melalui tweet resmi, Nazi-free Wolfenstein 2 dianggap menyebarkan kontroversi.Di tahun 2017 yang indah ini, kita mulai dihadapkan dengan banyak sekali macam dilema. Jurn...
Loading...
Nazi-free Wolfenstein 2Alih-alih memasang iklan melalui tweet resmi, Nazi-free Wolfenstein 2 dianggap menyebarkan kontroversi.

Di tahun 2017 yang indah ini, kita mulai dihadapkan dengan banyak sekali macam dilema. Jurnalis game yang tidak bisa bermain game, game indie yang menuai kontroversi keras, hingga masyarakat yang tidak bisa membedakan iklan untuk game dengan propaganda keras. Hal ini terjadi pada teaser Nazi-free Wolfenstein 2.

Make America Nazi-Free Again. #NoMoreNazis #Wolf2 pic.twitter.com/52OESypw4P

Wolfenstein (@wolfenstein) October 5, 2017

Tweet resmi dari akun @wolfenstein pada tanggal 6 Oktober tengah memasang video untuk mempromosikan Wolfenstein 2, game terbaru yang dikembangkan oleh Bethesda Studio. Dengan slogan bertuliskan Make America Nazi-Free Again , kalimat tersebut awalnya hanyalah sebuah satir dari slogan yang kerap diucapkan oleh presiden Amerika, Donald Trump.

Di dalam video tersebut, tertulis juga Not My America, sebuah slogan yang kerap digunakan pada protes di Amerika. Slogan ini digunakan sebagai penolakan atas aturan baru yang ditetapkan oleh Donald Trump sendiri, terutama untuk imigrasi. Not My America menggambarkan kekecewaan serta penolakan bahwa ini bukanlah Amerika yang diharapkan.

Video ini turut mengundang kecaman, baik melalui Twitter maupun melalui video yang diunggah pada YouTube. Seorang pengguna bernama Levi DeRosier menyebut secara satir bahwa ia tidak tahu kalau Bethesda bekerjasama dengan pihak Social Justice Warrior dan ANTIFA, sebuah gerakan anti-fasis di Amerika.

Pengguna lain bernama 50 shades of PoMo juga mengatakan bahwa itu merupakan taktik marketing yang pintar , menyebutkan bagaimana Wolfenstein menggunakan apa yang para pendukung sayap-kiri impikan: membunuh Nazi.

Nazi-free Wolfenstein 2

Namun, kontroversi-kontroversi ini menggambarkan bagaimana pengguna internet tidak dapat membandingkan iklan untuk game dengan propaganda. Faktanya, Wolfenstein sudah lama hadir sebagai game first-person shooter dengan misi untuk membunuh para Nazi. Bahkan, seri Wolfenstein sudah ada jauh pada tahun 1992.

Rendahnya inteligensi netizen dalam menelaah berita terkadang dapat membuat suatu pengembang kesulitan dalam mempromosikan game terbaru mereka. Namun, terkadang pengembang malah menggunakan hal ini untuk meningkatkan penjualan. Tentunya, game seperti Grand Theft Auto telah mendapatkan banyak kecaman, namun hingga ketika ini GTA masih hadir sebagai salah satu game paling populer sepanjang masa.

Wolfenstein 2: The New Colossus akan hadir untuk XBOX One, Playstation 4 dan PC pada 27 Oktober 2017, sementara untuk Nintendo Switch pada 2018.

Diedit oleh Snow

Comments