Mengaku Hina Islam di IG, Sonny Suasono Panggabean Minta Maaf

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mengaku Hina Islam di IG, Sonny Suasono Panggabean Minta Maaf

Mengaku Hina Islam di IG, Sonny Suasono Panggabean Minta Maaf

KEPONEWS.COM - Mengaku Hina Islam di IG, Sonny Suasono Panggabean Minta Maaf Sonny Suasono Panggabean menghina Islam di Instagram. Sonny Sasono Panggabean (25), warga Pandau yang diduga menistakan Islam di sosial media kini ditahan Polda Riau. Ia akhirnya mengaku membuat serta...
Sonny Suasono Panggabean menghina Islam di InstagramSonny Suasono Panggabean menghina Islam di Instagram. Sonny Sasono Panggabean (25), warga Pandau yang diduga menistakan Islam di sosial media kini ditahan Polda Riau. Ia akhirnya mengaku membuat serta menyebarkan perkataan tersebut di Instagram. Diapun meminta maaf atas perbuatannya itu kepada umat Islam.

"Tadi sudah mengaku dia, dia yang membuat. Saya temui tadi," kata Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kamis (23/3/2017) siang, seperti diberitakan datariau.com.

Meskipun sudah meminta maaf, mantan Kapolda Maluku Utara ini menyatakan proses hukum terhadap Sonny Suasono Pangabean tetap dilanjutkan. Dia menyebut alat bukti dan pemeriksaan intensif tetap dilakukan untuk menemukan unsur terjadinya tindak pidana.

"Kalau ditetapkan tersangka belum, kemungkinan tunggu hasilnya besok. Namun unsur terjadinya penistaan agama sudah mengarah ke sana, kemungkinan besok ditetapkan tersangka," sebut Zulkarnain.

Didampingi Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Johny Edizzon Isir, Zulkarnain menyebut apa yang dilakukan mahasiwa 25 tahun itu merupakan aksi balas dendam.


"Jadi sebelumnya dia menyebut ada orang yang menghina agamanya. Kemudian membuat hal serupa melalui sosmed," sebut Zulkarnain.

Kapolda berharap umat Islam di Riau tidak terpancing dengan kasus ini. Zulkarnain berharap masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta tidak melakukan tindakan provokasi.

Sementara itu, Ketua DPW Front Pembela Islam Kota Pekanbaru Ustad Husni Thamrin mengaku secara pribadi sudah memaafkan Sonny Suasono Pangabean atas tindakannya itu. Hanya saja secara institusi dan umat Islam di Riau, dia meminta Sonny Suasono Pangabean tetap diproses.

"Secara pribadi saya memaafkan, tapi secara umum ini menyangkut problem umat. Harapan diproses sesuai aturan berlaku," sebut Husni yang mengaku sudah berbicara dengan Sonny Suasono Pangabean bersama Kapolda Riau.

Senada dengan Kapolda Riau, Husni juga meminta masyarakat tetap tenang, tidak melakukan tindakan provokasi dan tetap menjaga sistuasi keamanan serta ketertiban masyarakat tetap kondusif.

Sebelumnya, Ustad Husni bersama Laskar Pembela Islam mendatangi Mapolda Riau dan Yayasan Madani Kota Pekanbaru membuat laporan secara resmi ke SPKT Polda Riau.

DPW FPI Pekanbaru melaporkan Sonny ke Polda RiauDPW FPI Pekanbaru melaporkan Sonny ke Polda Riau. (Istimewa)"Hari ini kami laporkan secara resmi," kata Ketua Pembina Yayasan Mentari Abdul Khair kepada wartawan.

Dia meminta Polda Riau tidak separuh hati menangani kasus ini. Dia takut kalau kasus ini dibiarkan dan tak ditangani tuntas, akan muncul penista-penista agama lainnya.

"Kalau dibiarkan akan muncul penistaan agama lainnya," tegas Abdul.

Menurut Abdul, apa yang dilakukan S sangat keterlaluan karena sudah menyinggung cara umat Islam beribadah dan mengolok-olok Nabi Muhammad.

"Ini sudah menjadi viral di sosmed. Sangat keterlaluan, harus diusut tuntas," tegas Abdul.

Sebelumnya dalam akun Instagram atas nama @Sonnydriveking, Sonny Suasono Pangabean menyindir cara beribadah umat Islam, menghina Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam dan menghina Umat Islam ketika mengucapkan takbir.? Diapun kemudian diamankan di rumahnya di daerah Siakhulu, Kampar dan dibawa ke Mapolda Riau.

Comments