Menengok warung makanan roh halus

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Menengok warung makanan roh halus

Menengok warung makanan roh halus

KEPONEWS.COM - Menengok warung makanan roh halus Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan sejuta keindahannya. Mulai dari tempat wisata, masakan, serta budaya yang begitu kental. Tak jarang wisatawan baik dalam maupun luar negeri ingin menghabisk...
Loading...

Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan sejuta keindahannya. Mulai dari tempat wisata, masakan, serta budaya yang begitu kental. Tak jarang wisatawan baik dalam maupun luar negeri ingin menghabiskan waktunya untuk sekadar jalan-jalan atau menikmati masakan di Jogja. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, sektor masakan di Jogja mulai bertambah. Seperti maraknya warung atau restoran yang memberikan sajian menu tradisional.

Namun menariknya, Yogyakarta mempunyai salah satu tempat makan yang tak biasa, adalah warung yang disajikan khusus untuk roh halus. Terletak di Jl RE. Martadinata, No 7 Wirobrajan, Kota Yogyakarta, warung ini tak lepas dari sorotan masyarakat, selain namanya yang unik, pengunjung sering terkecoh karena namanya merupakan warung makan.

Sebenarnya, tempat ini tidak menghidangkan makanan seperti warung makan pada umumnya. Seperti namanya yang tertulis jelas di spanduk besar 'Warung Makanan Roh Halus' warung ini menyediakan banyak sekali menu seperti Bunga Sripah (orang meninggal), Bunga Macan Kerah, Leson, syarat-syarat keperluan ritual, dupa/hio, banyak sekali macam minyak, segala macam bunga melati.

Ditemui di tempat usaha yang sekaligus tempat tinggalnya tersebut, pemilik warung bernama Tri Waryanti (48) menceritakan awal mula warung tersebut dibuka hingga siapa saja yang menjadi langganan tetapnya.

Warung Makan Makhluk Halus

foto: Syamsu Dhuha

"Awalnya ibu mertua saya, terus ibu sakit, sampai ibu meninggal terus yang megang sekarang saya. Jualan sudah lama, sekitar 30 tahunan. Saya ini generasi kedua, dari dulu juga tempat berjualannya di sini," ujar Tri Waryanti (47), ditemui Jumat (25/1/2019).

Ia pun memaparkan bahwa dulu nama tersebut belum digunakan, Warung Makan Makhluk Halus baru digunakan saat Tri Waryanti dan suaminya yang mengelola tempat tersebut. Ide pertama kali muncul dari sang suami, Bambang Siswanto (53) yang beranggapan bahwa apa yang dijajakannya merupakan keperluan untuk orang meninggal dan hal-hal ritual lainnya.

"Pilih nama itu karena kita ini kan jualan untuk roh halus ya, seperti bunga, kemenyan, dupa, segala macam, minyak dan lainnya" ujar Tri Waryanti.

Tak hanya itu saja, ia juga menceritakan bahwa Keraton Yogyakarta sudah menjadi langganan tetapnya, mulai dari keluarga keraton hingga abdi dalem. Bahkan tak sedikit pula artis yang datang untuk membeli dagangannya.

"Kalau keraton itu beli itu setiap Selasa kliwon dan Jumat kliwon. Tapi kalau hari-hari biasa, setiap malam jumat itu mesti beli. Kemarin yang artis juga, terakhir Roro Fitria yang beli di sini, untuk nyekar. Selain itu banyak mbak, seperti pemain sinetron dan lainnya" ujarnya.

Warung Makan Makhluk Halus

foto: Syamsu Dhuha

Warung makan untuk roh halus ini buka dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Bahkan Tri Waryanti mengatakan terkadang dirinya kerap mendapat pesanan tengah malam karena ada yang meninggal, kalau masih bisa dijangkau, ia akan mengantarkan pesanan itu sendiri. Pelanggannya terbilang cukup banyak. Tri Waryanti mengatakan, ia selalu memilih bunga-bunga terbaik agar pelanggannya tak kecewa, serta harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Selengkapnya:

Recommended By Editor

Comments