Menengok Proyek Pembangunan IKN Nusantara, Ini Wujudnya!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Menengok Proyek Pembangunan IKN Nusantara, Ini Wujudnya!

Menengok Proyek Pembangunan IKN Nusantara, Ini Wujudnya!

KEPONEWS.COM - Menengok Proyek Pembangunan IKN Nusantara, Ini Wujudnya! BALIKPAPAN - Menengok proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Saat ini proyek pembangunan IKN telah mencapai...

BALIKPAPAN - Menengok proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Saat ini proyek pembangunan IKN telah mencapai 22% hingga akhir Februari 2023.

Okezone berkesempatan melihat langsung pengerjaan proyek IKN Nusantara. Melakukan perjalanan darat selama hampir 2,5 jam dari Balikpapan, akhirnya tiba di daerah IKN.

Jalanan yang berkelok-kelok tidak menyurutkan antusias untuk melihat langsung proyek IKN.

IKN

Sepanjang mata memandang, daerah IKN masih berbentuk hutan dengan banyak sekali pengerjaan infrastruktur dasar. Jalanan menuju daerah IKN sudah beraspal mix beton, sehingga kendaraan bisa memacu lebih cepat rata-rata 80 km/jam hingga 100 km/jam.

Saat tiba di gerbang daerah IKN, hal pertama yang dilihat ialah mobil-mobil proyek IKN. Ada juga papan penunjuk jalan seperti Titik Nol Nusantara hingga Istana Negara.

Memasuki daerah IKN, kendaraan harus berjalan lebih pelan dan hati-hati karena jalanan belum beraspal, masih berbatu-batuan pasir dan berbukit-bukit. Di sekelilingnya juga masih banyak pohon.

Tidak sampai 10 menit, akhirnya sampai di Titik Nol Nusantara. Titik Nol Nusantara merupakan sebuah monumen yang terletak di daerah IKN Nusantara. Monumen ini dibangun pada Februari 2022 yang merupakan awal dari pembangunan Ibu Kota Nusantara dan dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Sejarah kebangkitan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

IKN

Di area Titik Nol Nusantara kini menjadi objek wisata, masyarakat sekitar maupun di luar Kalimantan berdatangan untuk melihat, bahkan hampir semua masyarakat yang datang mengabadikan berfoto di depan tulisan Titik Nol Nusantara yang berwarna putih tersebut.

Sesudah melihat Titik Nol Nusantara, Okezone juga berkesempatan memasuki Daerah Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Istana Presiden RI ditargetkan berdiri di KIPP pada Juli 2024. Sejumlah pembangunan gedung dan infrastruktur di lokasi IKN juga mulai dikerjakan.

Melalui Dukungan Penuh Menteri BUMN, Kinerja Pertamina Tumbuh Signifikan

Follow Informasi Okezone di Google News

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments