Menelusuri Isu Viral Pendaki yang Meninggal karena Ditinggal

Trending

Fun / Trending

Menelusuri Isu Viral Pendaki yang Meninggal karena Ditinggal

Menelusuri Isu Viral Pendaki yang Meninggal karena Ditinggal

KEPONEWS.COM - Menelusuri Isu Viral Pendaki yang Meninggal karena Ditinggal Makassar - Sedang viral peristiwa pendaki yang ditinggal, mengalami hiportemia dan dikabarkan meninggal di Sulawesi Selatan. Ini pengakuan pria yang menolongnya.Sebuah video 3 perempuan yang mengalami...

Makassar - Sedang viral peristiwa pendaki yang ditinggal, mengalami hiportemia dan dikabarkan meninggal di Sulawesi Selatan. Ini pengakuan pria yang menolongnya.

Sebuah video 3 perempuan yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng menjadi viral di sosmed. Dalam keterangan video itu, disebutkan perempuan itu ditinggalkan oleh kawan pendakiannya menuju puncak.

Dalam video itu memperlihatkan proses evakuasi 3 perempuan di pos 8 Gunung Bawakaraeng, Sulsel. Mereka ditemukan oleh sesama pendaki yang baru saja turun dari gunung itu.

"Kasian. Ditinggalkan oleh sahabat sahabat pendakiannya. Perempuan ini kena Hipotermia di Pos 8 waktu kami balik dari puncak," kata pengunggah foto dan video Alwi Alim Yusuf dalam keterangan di Facebook pribadinya, seperti dilihat detikTravel, Rabu (16/5/2018).

Alwi menjelaskan bahwa para perempuan itu hendak naik ke puncak gunung. Ini ialah pendakian pertama mereka ke Gunung Bawakaraeng.

"Jumlah sahabat mereka 22 orang namun si laki laki katanya meninggalkan mereka dan ingin sekali sampai di puncak," terangnya.

"Kami pun memberi kehangatan sementara dengan membuatkan teh panas dan memberi makan biskuit, karena kata sahabat perempuannya dia belum makan sama sekali," sambungnya.

Meski telah diberikan makanan, sakah seorang pendaki perempuan itu malah memperlihatkan wajah pucat. Alwi bersama temannya oun langsung melakukan evakuasi dengan menggunakan tandu. Pendaki perempuan dibawa dari Pos 8 hingga ke Pos 7.

"Kami menandu perempuan ini dari POS 8 sampai ke POS 7 dengan jalur yang ekstrim karena cuaca sangat buruk dan hujan tak berhenti, sembari menunggu datangnya tim dari Basarnas. Perempuan ini kritis. Perempuan ini entahlah namanya siapa Dan dia berasal dari Kab Gowa Makassar," terangnya.

Pendaki Meninggal Ditinggal Rombongan, KSDA Sulsel: Sedang Dicek

Beberapa komentar di video tersebut yang juga ramai di Instagram, ada salah satu netizen yang bilang mengaku melihat dan bilang kalau sang wanita meninggal.

Menelusuri Isu Viral Pendaki yang Meninggal karena DitinggalFoto: (Instagram)

"Saya ketemu dengan orang ini min. Udah meninggal kemarin yang kritis, Waktu saya dapati jarinya sudah biru. Sedangkan temannya yang dua orang cuman bisa menghayal. Kasihan mereka ditinggal sama leadernya yang ngotot mau puncak, padahal waktu itu badai di Pos 8," komentar akun azharimuhammadd.

"Pokoknya waktu hari Minggu Gunung Bawakaraeng memukul telak para pendaki, total ada 5 pendaki yang hilang sampai sekarang. Dan rata-rata hilang di Pos 6-8," tambah dia.

Bagaimana kata Alwi?

"Hoax kalau ada yang mengatakan dia meninggal," ucapnya kepada detikTravel.

Alwi saat dicoba konfirmasi membenarkan kejadian itu. Alwi mengatakan dirinya sendiri yang menemukan korban. "Salah satunya mengalami hipotermia dan kami evakuasi ke bawah. Dia ditinggal oleh kawannya yang menuju puncak," terang Alwi. (msl/aff)



Comments