Mendagri Larang Lomba Panjat Pinang, Warga Diminta Menghindari Kerumunan

Nasional

News / Nasional

Mendagri Larang Lomba Panjat Pinang, Warga Diminta Menghindari Kerumunan

Mendagri Larang Lomba Panjat Pinang, Warga Diminta Menghindari Kerumunan

KEPONEWS.COM - Mendagri Larang Lomba Panjat Pinang, Warga Diminta Menghindari Kerumunan JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat tak menggelar ajang lomba panjat pinang untuk memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti. Ti...

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat tak menggelar ajang lomba panjat pinang untuk memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti.

Tito menyatakan lomba tersebut mempunyai potensi penularan virus corona (Covid-19).

"Mau 17 Agustus orang mau panjat pinang, nanti tertular, jangan," kata Tito saat acara Launching Gerakan 2 Juta Masker di Kantor Kecamatan Tapos, Kota Depok, Kamis (13/8/2020).

Kalaupun tetap menggelar lomba, kata Tito, masyarakat wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ia mencontohkan lomba makan kerupuk yang biasa digelar warga saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. Untuk lomba ini masyarakat bisa membawa kerupuk masing-masing.

"Gantungnya jauh-jauhan, kemudian makan. Nah, kalau sudah jaga jarak ada, tapi kerupuknya ditaruh sama satu orang yang enggak tahu siapa, kalau yang menaruhnya itu positif, ya kena semua takutnya," kata Tito.

Sejumlah warga ikut berpartisipasi dalam lomba Panjat Pinang Kolosal di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). Memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Ancol Taman Impian menggelar berbagai macam acara di antaranya Panjat Pinang Kolosal dengan menyediakan 174 batang pohon pinang dengan berbagai macam hadiah bagi pengunjung. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha Sejumlah warga ikut berpartisipasi dalam lomba Panjat Pinang Kolosal di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). Memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Ancol Taman Impian menggelar banyak sekali macam acara di antaranya Panjat Pinang Kolosal dengan menyediakan 174 batang pohon pinang dengan banyak sekali macam hadiah bagi pengunjung. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Ia juga menyarankan warga menghindari kerumunan.

"Kalau ada kerumunan sosial diupayakan jaga jarak," kata Tito.

Sebelumnya sejumlah daerah sudah mengeluarkan imbauan atau larangan lomba 17 Agustus.

Pada Selasa (11/8/2020), Pemerintah Kota Depok meminta warganya untuk tak menggelar lomba perayaan HUT RI yang berpotensi mengumpulkan massa.

Comments