Mencicipi ColorOS 11 Milik Oppo

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mencicipi ColorOS 11 Milik Oppo

Mencicipi ColorOS 11 Milik Oppo

KEPONEWS.COM - Mencicipi ColorOS 11 Milik Oppo Oppo telah meluncurkan ColorOS 11 pada bulan lalu. Raksasa teknologi China itu membawa sejumlah fasilitas baru untuk para penggunanya di dunia. VIVA Tekno berkesempatan merasakan ColorOS 11 pada Oppo...

Oppo telah meluncurkan ColorOS 11 pada bulan lalu. Raksasa teknologi China itu membawa sejumlah fasilitas baru untuk para penggunanya di dunia. VIVA Tekno berkesempatan merasakan ColorOS 11 pada Oppo Find X2 Pro, salah satu ponsel pertama yang sudah bisa memakai fasilitas tersebut.

Terdapat sejumlah fasilitas dari kustomisasi Home Screen, Color Schemes hingga mode gelap, serta menghadirkan pengalaman mendengarkan suara dari kota-kota di dunia pada fasilitas The Sound of Cities. Berikut sejumlah fasilitas yang dapat ditemui di ColorOS 11 Oppo:

Daftar Ponsel Oppo yang Dapat Pembaruan ColorOS 11

Three Finger Translate

Salah satu fasilitas yang muncul pada ColorOS 11 ini ialah Three Finger Translate yang terintegrasi dengan Google Lens. Kamu bisa mentranslate dari banyak sekali bahasa untuk kalimat-kalimat yang ada di software, website maupun gambar.

Tinggal tekan layar pada kalimat yang ingin ditranslate memakai tiga jari. Lalu tekan translate dan pilih bahasa mana yang diinginkan. Selain memakai jari, translate ini bisa ditemui pada Smart Side Bar di layar.

Kustomisasi Layar

Oppo memberikan kebebasan pada penggunanya untuk mengatur tampilan layarnya sendiri. Dengan mengakses menu personalization pada settings, akan ditemukan Icons, Home Screen, Color Schemes, dan Always On Display yang dapat diatur sendiri.

Pada pengaturan Icons, pengguna bisa mengatur nya dengan menekan software pada layar, ataupun memilih lebih dari satu untuk memindahkannya sekaligus. Bentuk tiap ikon juga dapat diatur sesuai keinginan terdapat bentuk-bentuk seperti kotak hingga bulat dan juga mengganti ukuran nama tiap software.

Color OS 11 Oppo

Pada menu Always On Display, pengguna bisa memilih warna hingga layout dari template yang diinginkan. Bisa juga membuatnya sendiri dengan menggambarkannya pada menu Custom Patterns.

Bila ingin membuat sendiri, terdapat warna dan bentuk yang dapat dipilih lalu gunakan jari dan menggoreskannya pada layar. Akan muncul pola mengikuti gerakan tangan dan setelah selesai klik Next lalu tekan Apply untuk mengaplikasikan pada tampilan ponsel.

Fasilitas Color Schemes dapat mengubah warna setiap ikon menu pada ponsel. Sementara Home Screen untuk mengatur tampilan layar depan ponsel seperti banyaknya software yang ingin ditampilkan.

Dark Mode

Mode gelap ini sebenarnya sudah ada pada ColorOS 7. ColorOS 11 mengembangkan fasilitas ini dengan menyediakan pilihan yang tidak sekedar berwarna hitam. Terdapat tiga pilihan Dark Mode adalah Enhanced, Medium dan Gentle.

Warnanya terdapat hitam pekat dan sedang serta agak keabu-abuan. Selain itu juga bisa dipilih apakah akan mengurangi kontras mode gelap saat kondisi cahaya yang rendah.

Oppo Relax

Color OS 11 Oppo

Software Oppo Relax untuk menghadirkan suara-suara seperti noise, musik hingga suasana seperti suara hujan dan pagi hari. Sebelumnya platform ini sudah tersedia juga di ColorOS 7 dan sekarang mendapatkan pengembangan baru.

Adalah, dalam menu Explore pengguna diajak mendengarkan suasana kota-kota besar di dunia seperti Beijing China, Tokyo Jepang, dan Bangkok Thailand tanpa harus ke tempat aslinya.

Battery Guard

Fasilitas ini akan menghindari pengecasan berlebihan yang terkadang dilakukan pengguna. Dengan mengaktifkan Battery Guard maka pengisian daya akan terhenti di 80% saat malam hari dan mengisi penuh saat pengguna bangun. Untuk mengaktifkan masuk ke Settings lalu masuk ke menu Baterai. Setelah itu klik Pengaturan Baterai Lainnya dan aktifkan pada opsi Otimalkan Pengisian Daya Malam Hari.

Comments