Mencengangkan, Ternyata Ini Musuh Besar Anak Remaja Anda

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Mencengangkan, Ternyata Ini Musuh Besar Anak Remaja Anda

Mencengangkan, Ternyata Ini Musuh Besar Anak Remaja Anda

KEPONEWS.COM - Mencengangkan, Ternyata Ini Musuh Besar Anak Remaja Anda MASA remaja ialah masa yang sangat indah namun singkat. Wajar kalau para remaja tak mau kehilangan masa muda mereka. Semua hal baru ingin dicoba, mereka juga mulai ingin membuktikan banyak hal yang se...

MASA remaja ialah masa yang sangat indah namun singkat. Wajar kalau para remaja tak mau kehilangan masa muda mereka. Semua hal baru ingin dicoba, mereka juga mulai ingin membuktikan banyak hal yang selama ini membuat penasaran.

Namun, tidak semudah itu bagi remaja mengikuti dorongan hatinya. Ada orangtua yang mengawasi setiap langkah mereka. Alasannya adalah, ayah dan ibu tahu masa-masa remaja sangat riskan.

Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum, yang sangat peduli dengan tumbuh kembang anak serta remaja mengungkap siapa orang yang paling ditakuti remaja, bahkan dianggap 'musuh' oleh mereka.

"Musuh terbesar remaja ialah orangtua. Bagi remaja putri, musuh terbesar mereka merupakan ibunya sendiri. Orangtua bagi remaja ialah sosok sangat menakutkan yang sulit mereka kalahkan," ucap dokter Tan dalam peluncuran buku Anak Sehat Indonesia, belum lama ini di Jakarta.

Pendapat dokter Tan cukup beralasan. Alasannya adalah menurutnya, masih banyak orangtua yang menciptakan hubungan dengan anak mirip berkompetisi. Orangtua menerapkan sistem menang-kalah.

"Orangtua enggak mau kalah sama anaknya. Kalau anaknya melanggar aturan orangtua merasa kalah karena dianggap berani menentang," sambungnya.

Oleh karena itu, dokter Tan mengimbau agar orangtua bisa menjadi sahabat bagi anak. Misalnya, kalau melarang anak perempuan keluar rumah malam hari, buat sistem kompromi bukan otoriter.

"Boleh tegas tapi juga buka kompromi dengan anak. Agar si anak tidak menganggap orangtuanya musuh yang harus mereka lawan dan kalahkan," pungkasnya.

Mencengangkan, Ternyata Ini Musuh Besar Anak Remaja Anda

Comments