Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (bagian 1)

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (bagian 1)

Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (bagian 1)

KEPONEWS.COM - Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (bagian 1) Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (dok. russwittmann) Butuh kejelian dan ketelatenan dalam menata ulang rumah yang sempit. Kalau tidak, rumah akan terlihat makin sesak. Kuncinya ada pada pema...
Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (bagian 1)

Menata Ulang Rumah Sempit agar Tak Monoton (dok. russwittmann)

Butuh kejelian dan ketelatenan dalam menata ulang rumah yang sempit. Kalau tidak, rumah akan terlihat makin sesak.

Kuncinya ada pada pemanfaatan ruang. Kebiasaan menumpuk barang wajib dihindari. Mendekorasi ruangan harus ekstra hati-hati pula.

Satu lagi yang perlu diingat, setiap ruangan punya tata ruang yang berbeda-beda.

Ruang tamu atau ruang keluarga

Ruang keluarga biasanya juga berfungsi sebagai ruang tamu. Termasuk salah satu ruangan yang sering digunakan, ruang keluarga tak boleh luput ditata ulang.

Bila luas ruangan terbatas, Anda bisa menyatukannya dengan dapur dan ruang makan. Cukup dengan meniadakan pintu atau dinding yang memisahkan kedua ruang ini. Tata ruang seperti ini banyak diterapkan pada rumah modern, membuat pencahayaan ruangan dan jarak pandang lebih baik.

Pertimbangkan juga warna furnitur. Isi ruang tamu dengan furnitur berkaki dan tembus pandang yang menciptakan efek ruang lebih besar. Alhasil, ruang tamu tak tampak sesak ketika diisi banyak orang.

Dapur dan ruang makan

<b>Dapur dan ruang makan& </b>(dok. Beeyoutifull life)

Dapur dan ruang makan& (dok. Beeyoutifull life)

Deretan lemari kabinet di bagian atas akan membuat dapur tampak makin sempit. Alternatifnya, simpan peralatan dapur dengan mencantelkan pada gantungan di dapur atau menyimpan di dalam rak terbuka yang ditempatkan di dekat ruang makan.

Pilih desain rak yang unik agar sekaligus berfungsi sebagai dekorasi ruang makan. Sedangkan untuk dekorasi dapur, padukan banyak sekali material. Misalnya melapisi meja dapur dengan granit, melapisi lantai dapur dengan kayu, dan merancang lemari kabinet pendek berpintu kaca.

Untuk ruang makan, maksimalkan ruang sempit dengan meja dan kursi yang tepat. Meja berbentuk bulat dan bangku taman bisa jadi pilihan.

bersambung

(yuri / gur)

Rekomendasi

Comments