Menara Batu Raksasa Alami di Tasmania

Unik

Ragam / Unik

Menara Batu Raksasa Alami di Tasmania

Menara Batu Raksasa Alami di Tasmania

KEPONEWS.COM - Menara Batu Raksasa Alami di Tasmania Tasmania merupakan negara pulau, bagian dari Persemakmuran Australia, dan terletak sekitar 150 mil dari sisi selatan benua Australia. Pulau yang indah ini secara luas dikenal karena lingkungan alam, d...


Tasmania merupakan negara pulau, bagian dari Persemakmuran Australia, dan terletak sekitar 150 mil dari sisi selatan benua Australia. Pulau yang indah ini secara luas dikenal karena lingkungan alam, dan dipromosikan sebagai Pulau Inspirasi, karena sekitar 45 % dari pulau ini terdiri dari taman alam, cagar alam dan situs Warisan Dunia.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Di antara keindahan alam Tasmania yang ditawarkan, ada keajaiban alam yang telah diberi nama yang cocok, yaitu Totem Pole, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Tasmania. Terletak di Cape Huay, struktur menakjubkan ini ialah coastal stack atau sea stack, yaitu tumpukan batuan di pantai atau laut, yang menjulang di tepi pantai Tasmania. Dengan tingginya yang mencapai 65 meteran, membuatnya menjadi daya tarik yang menggiurkan bagi para pendaki tebing di seluruh dunia.

Dari sudut pandang geologi, tumpukan batuan (stack) merupakan bentuk yang didefinisikan sebagai batuan kolom yang curam dan sebagian besar vertikal, yang telah terkikis oleh angin dan gelombang yang pada dasarnya telah terisolasi dari pantai. Stack ini terang bukanlah fitur permanen dalam lanskap, seiring waktu, erosi akan menyebabkan mereka akhirnya runtuh. Apa yang membuat Totem Pole begitu istimewa merupakan kenyataan bahwa ia telah berdiri tegak selama ratusan tahun.

Mengingat bahwa dasar Totem Pole terkena erosi terus menerus, karena aksi konstan gelombang, beberapa orang mungkin akan mengatakan bahwa, masih berdirinya Totem Pole hingga ketika inipun merupakan keajaiban alam. Dengan diameter hanya 4 meter, Totem Pole seharusnya telah runtuh berabad-abad lalu. Meskipun Totem Pole beresiko runtuh setiap ketika dan juga sangat sulit untuk dipanjat, namun tetap banyak pendaki yang ingin memanjatnya dan mendokumentasikan upaya mereka menaklukkan kecantikan alam yang unik ini.

Totem Pole kemungkinan paling terkenal untuk kecelakaan yang mengubah hidup pendaki Paul Pritchard, pada bulan Februari 1998. Pendaki Inggris ini dihantam oleh batu besar ketika mencoba untuk memanjat Totem Pole. Kecelakaan itu menyebabkan hemiplegia, yang merampas kemampuannya untuk merasakan gerakan di sisi kanannya, merusak bicara dan ingatannya. Meskipun ia telah menulis tiga buku perihal kisahnya, Totem Pole tetap pada daftar banyak pendaki yang berpengalaman dan profesional.

Baca juga seastack-seastack indah lainnya dari seluruh dunia

Comments