Memperbesar Payudara Berisiko Tinggi Kanker, Benarkah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Memperbesar Payudara Berisiko Tinggi Kanker, Benarkah?

Memperbesar Payudara Berisiko Tinggi Kanker, Benarkah?

KEPONEWS.COM - Memperbesar Payudara Berisiko Tinggi Kanker, Benarkah? TAK bisa dipungkiri operasi memperbesar payudara jadi hal lumrah sekarang ini. Sosmed menjadi salah satu peran penting dalam kemunculan tren ini. Ya, semakin besar payudara yang dimiliki seorang perem...

TAK bisa dipungkiri operasi memperbesar payudara jadi hal lumrah sekarang ini. Sosmed menjadi salah satu peran penting dalam kemunculan tren ini.

Ya, semakin besar payudara yang dimiliki seorang perempuan, dianggap lebih menguntungkan di sosmed. Alhasil, perempuan yang menilai payudaranya kecil, akan melakukan upaya pembesaran payudara.

Menjadi berbahaya ketika operasi dilakukan dengan tidak mengindahkan kaidah kedokteran yang benar. Asal besar saja tapi mengabaikan efek samping jangka panjang, salah satunya kanker payudara.

Memperbesar Payudara

Meski, kata Ahli Kanker Prof. Dr. dr. Ami Ashariati, SpPD-KHOM, FINASIM, sampai saat ini tidak ada studi yang memaparkan dengan pasti angka presentasi terjadinya kanker payudara karena proses pembesaran payudara.

"Ya, tidak ada angka presentasi yang jelas soal kemungkinan tumbuhnya sel kanker karena proses memperbesar payudara. Tapi, faktor risiko tetap memainkan peran yang cukup penting," kata Prof Ami di webinar kesehatan, Kamis (21/10/2021).

Waspada! Kanker Payudara Triple Negatif Banyak Serang Perempuan Usia 20an

Artinya, bila si perempuan meyakini bahwa dirinya melakukan pembesaran payudara di tempat yang mempunyai kredibilitas terpercaya, dengan menjamin proses operasi dilakukan dengan mengedepankan unsur medis, tetap saja kalau dia mempunyai faktor risiko kanker payudara, maka sel kanker akan bermukim di payudaranya.

"Jadi, kalau Kamu beranggapan bahwa pemasangan silikon dilakukan dengan benar, belum tentu faktor risiko dapat dihindari. Misal, bila salah satu anggota keluarga ada yang punya riwayat kanker, maka Kamu berpeluang punya kanker juga," ungkapnya.

Bra Tanpa Kawat Lebih Aman dari Kanker Payudara? Ini Kata Ahli

Prof Ami menambahkan, soal apakah memperbesar payudara bisa meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker di payudara, tidak ada data yang pasti. Meski begitu, jangan lengah dan tetap harus menyadari faktor risiko kanker payudara yang Kamu miliki.

Comments