Membanggakan, Kaldera Toba Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Membanggakan, Kaldera Toba Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Membanggakan, Kaldera Toba Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

KEPONEWS.COM - Membanggakan, Kaldera Toba Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark Kabar baik, Dewan Eksekutif UNESCO pada hari Selasa (7/7/2020) menyepakati Kaldera Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Penetapan situs yang berada di Indonesia tersebut berlangsung dalam si...

Kabar baik, Dewan Eksekutif UNESCO pada hari Selasa (7/7/2020) menyepakati Kaldera Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Penetapan situs yang berada di Indonesia tersebut berlangsung dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris.

Dalam sidang itu, Dewan Eksekutif menetapkan 16 UNESCO Global Geopark baru, termasuk Kaldera Toba. Ini merupakan hal yang membanggakan.

Kaldera Toba

Pemerintah Indonesia telah berhasil meyakinkan UNESCO bahwa Kaldera Toba mempunyai kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati. Dalam konteks inilah, negara anggota UNESCO menyokong Kaldera Toba dilestarikan dan dilindungi sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark.

Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan geopark Kaldera Toba melalui jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network khususnya dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal, kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir.

Seperti dilansir dari Sindo News, penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark memberikan kesempatan dan sekaligus juga tanggung jawab bagi Indonesia, khususya bagi masyarakat setempat.

Penetapan Kaldera Toba tersebut dapat mendorong pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di daerah setempat.

Melalui pengembangan geo-pariwisata yang berkelanjutan, terbuka peluang bagi masyarakat setempat untuk promosi budaya, produk lokal serta penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Pada saat yang sama, dengan adanya pengakuan dan perhatian dunia terhadap Kaldora Toba, pemerintah dan masyarakat setempat berkewajiban untuk meningkatkan dan terus menjaga kelestarian lingkungan dan keutuhan dari Daerah Kaldera Toba.

4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark, merupakan proses panjang dari upaya bersama banyak sekali pemangku kepentingan baik pemerintah pusat dan daerah maupun masyarakat setempat yang tinggal di daerah danau Toba.

Selanjutnya

Comments