Melon Unik dari Jawa Timur: Berbentuk Kotak dan Simbol Cinta

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Melon Unik dari Jawa Timur: Berbentuk Kotak dan Simbol Cinta

Melon Unik dari Jawa Timur: Berbentuk Kotak dan Simbol Cinta

KEPONEWS.COM - Melon Unik dari Jawa Timur: Berbentuk Kotak dan Simbol Cinta Buah melon itu lain dari umumnya melon. Bentuknya kotak, tidak bulat. Ada juga yang berbentuk daun waru simbol cinta. Hanya satu yang sama, adalah warnanya yang kuning menonjol. Oleh pembudidaya, buah...
Loading...

Buah melon itu lain dari umumnya melon. Bentuknya kotak, tidak bulat. Ada juga yang berbentuk daun waru simbol cinta. Hanya satu yang sama, adalah warnanya yang kuning menonjol. Oleh pembudidaya, buah unik itu diberi nama Melon Varietas Golden Langkawi Prima.

Melon unik itu dikembangkan Dinas Pertanian Jatim di Puspa Lebo, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Nah, pada Rabu, 15 Mei 2019, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa datang ke lahan melon kualitas super itu. Di sana, selain melihat-lihat, dia juga memetik beberapa melon yang sudah matang.

Pengamatan VIVA, lahan melon kualitas super itu dikembangkan di lahan seluas kira-kira dua kali lapangan sepakbola. Melon-melon terlihat sudah matang. Semua berwarna kuning. Hal yang menarik, beberapa buah ada yang terkurung dalam sebuah kotak plastik. Pelat seng mengikat sebagai perekat.

Melon kotak di Puspa Lebo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kotak plastik itu ialah pencetak melon yang hendak dibuat berbentuk kotak. Masing-masing baris tanaman, setidaknya satu melon kotak menggantung. Di panggung, melon kotak yang sudah terpetik dibuat terlihat cantik. Pita merah dibingkaikan di tangkainya. "Ini indah dilihat," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, dengan bentuk tak biasa, melon itu akan bisa dijual dengan harga lebih mahal bahkan tiga kali lipat. "Tiga kali lipat, kalau kualitas super Rp6 ribu per kilogram, berarti kali tiga, ya, Rp18 ribu," ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai tarawih berjemaah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Minggu malam, 5 Mei 2019.

Khofifah Pilih Tadarus Alquran via Ponsel kalau Sedang Sibuk

Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi - KPK di Jakarta.

KPK Periksa Khofifah, Usut Kasus Novel hingga Muzdalifah Nikah Lagi

Pemberian santunan kepada ahli waris petugas pemilu meninggal di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat, 26 April 2019.

Sudah 58 Petugas Pemilu dan TNI/Polri Wafat di Jawa Timur

Peminat melon berasal dari masyarakat kelas menengah atas. Kata Khofifah, melon berwarna kuning emas ini telah masuk ke sejumlah pasar modern di Surabaya dan Jakarta. Bahkan sudah mulai menembus pasar internasional. "Sebetulnya pasar ekspor sudah, tapi perlu lahan lebih luas lagi," ujarnya.

Melon kotak di Puspa Lebo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur Hadi Sulistyo mengatakan, dengan lahan seluas 3.200 meter per segi dan 3.412 pohon, bisa menghasilkan 6,8 ton melon golden langkawi. Setiap buah mempunyai berat 2 kilogram.

"Kami melaksanakan teknologi pertanian melon di dalam green house yang dilengkapi dengan irigasi tetes, sehingga dapat menekan penggunaan pestisida kimia, dan mengurangi mengurangi biaya tenaga kerja untuk pengairan," kata Hadi.

Loading...
Loading...

Comments