Melanie Subono Pilih Tinggalkan Aktivitas yang Sebabkan Pencemaran Udara

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Melanie Subono Pilih Tinggalkan Aktivitas yang Sebabkan Pencemaran Udara

Melanie Subono Pilih Tinggalkan Aktivitas yang Sebabkan Pencemaran Udara

KEPONEWS.COM - Melanie Subono Pilih Tinggalkan Aktivitas yang Sebabkan Pencemaran Udara Sudah tidak diragukan lagi populasi dan jumlah penduduk di Jakarta cukup besar. Banyaknya populasi juga memengaruhi penggunaan transportasi, hingga tak heran melihat Jakarta selalu macet. Dampak pengg...

Sudah tidak diragukan lagi populasi dan jumlah penduduk di Jakarta cukup besar. Banyaknya populasi juga memengaruhi penggunaan transportasi, hingga tak heran melihat Jakarta selalu macet.

Dampak penggunaan transportasi tak hanya kemacetan, tetapi juga mencemari udara dan memperburuk kualitas udara di langit Jakarta. Permasalahan ini bukanlah permasalahan yang baru, tetapi sudah menjadi masalah menahun.

Oleh karena itu Jakarta butuh perhatian. Lalu apa yang membuat kualitas udara memburuk? Industri dan transportasi pribadi sudah pasti dan menjadi langganan.

Oleh karena itu, kelompok masyarakat peduli udara sehat di Jakarta menggelar diskusi publik untuk membahas bagaimana menghadapi risiko pencemaran udara. Salah satu yang peduli terhadap permasalahan pencemaran udara yang semakin hari semakin parah, adalah Melanie Subono, seorang aktivis dan pelaku seni.

: Bukan Manusia, Pesawat Ini Punya Penumpang Gelap yang Bikin Pramugari Repot

Melanie mengakui ia sudah tidak pernah lagi memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, dan lebih memilih menaiki transportasi umum.

Pada dasarnya aku berusaha, apapun yang aku protes selama ini, aku berusaha melakukannya sendiri dulu di rumah. Kayak aku yang udah enggak punya mobil 3 atau 4 tahun lalu, dan berusaha naik transportasi umum, ujar Melanie, saat dijumpai Okezone pada acara Catatan Kualitas Udara: Akankah Jakarta Lepas dari Pencemaran udara di Tahun 2019? di Gedung Sarinah, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Tak hanya itu, Melanie juga menuturkan bahwa kita hidup di tempat yang kondisinya sudah tidak ideal. Di situ ia berpikir sebagai warga negara dan sebagai manusia, kita berhak untuk hidup, hidup yang sehat tentunya.

: Setelah Asisten Pribadi, Giliran Bodyguard Meghan Markle Berhenti

Sebagai warga negera apa tugas aku hanya berteriak, tentu tidak. Ternyata aku juga menjadi salah satu kontributor yang cukup besar untuk pencemaran udara yang buruk dan itu terjadi dari hal kecil yang aku lakukan setiap hari seperti memakai hair dryer atau microwave, tambahnya.

Melanie tak hanya mengurangi aktivitas yang dapat mencemari udara. Ia juga menegur teman-temannya secara halus. Dan menurutnya generasi milenial akan menjadi generasi yang terkena imbas hasil dari perbuatan generasi sebelumnya, sehingga ia ingin mencoba mengenalkan isu ini.

Dengan melakukan ini, aku merasa gak berdosa karena aku tahu itu tidak merusak alam, ujarnya.

(tam)

Comments