Melalui PermataQR Merchant, PermataBank Dukung Program Digitalisasi Merchant Melalui QRIS

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Melalui PermataQR Merchant, PermataBank Dukung Program Digitalisasi Merchant Melalui QRIS

Melalui PermataQR Merchant, PermataBank Dukung Program Digitalisasi Merchant Melalui QRIS

KEPONEWS.COM - Melalui PermataQR Merchant, PermataBank Dukung Program Digitalisasi Merchant Melalui QRIS JAKARTA Sistem pembayaran digital berbasis Quick Response (QR) Code saat ini menjadi pilihan banyak orang, baik untuk pembeli maupun penjual. Selain lebih cepat, transaksi digital memakai QR Code...

JAKARTA Sistem pembayaran digital berbasis Quick Response (QR) Code saat ini menjadi pilihan banyak orang, baik untuk pembeli maupun penjual. Selain lebih cepat, transaksi digital memakai QR Code terbilang lebih mudah dibandingkan kartu debit atau kredit. Alasannya adalah, pembeli tidak perlu repot membawa kartu dan penjual juga tidak perlu menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

Transaksi berbasis QR Code juga mempunyai sejumlah kelebihan lain seperti terhindar dari resiko pencurian, penipuan dan penerimaan uang palsu.

Merespons kebutuhan tersebut, bank yang masuk dalam jajaran Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) IV, PT Bank Permata Tbk (PermataBank) menghadirkan fasilitas PermataQR Merchant.

Kehadiran fasilitas tersebut kian mengukuhkan posisi PermataBank sebagai bank terdepan dalam menyokong program digitalisasi layanan keuangan di Indonesia. PermataQR Merchant dapat digunakan untuk bertransaksi dengan QR Code berstandar Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Dengan demikian, merchant hanya perlu mempunyai satu QR Code saja yang dapat dipindai banyak sekali software perbankan atau e-wallet, termasuk PermataMobile X. Tak hanya itu, merchant juga dapat menghindari transaksi tatap muka dengan cara mengirimkan gambar QR Code kepada customer melalui jejaring sosial.

Kelebihan lain yang dimiliki PermataQR Merchant merupakan dapat memunculkan notifikasi real-time yang tercatat secara otomatis. Selain itu, pelanggan dan merchant dapat mengunduh laporan transaksi sehingga memudahkan analisis pengeluaran dan pemasukan.

PermataQR Merchant juga memudahkan pengguna baru karena proses registrasi yang praktis dan dapat dilakukan secara mandiri. Penjual dengan skala usaha mikro ini juga dapat mendapatkan hasil penjualan di hari yang sama sebagai salah satu keunggulan dari PermataQR Merchant.

Dengan banyak sekali kelebihan tersebut, PermataQR Merchant berhasil menggandeng lebih dari 150.000 merchant di Indonesia semenjak diluncurkan pada Oktober 2020.

Potret salah satu pelaku UMKM yang telah menerapkan PermataQR Merchant. (Foto: Dok.PermataBank)

Sebagai komitmen PermataBank untuk menyokong sasaran Bank Indonesia dalam mendigitalisasi 12 juta merchant melalui QRIS pada tahun ini dan juga dalam rangka mensukseskan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI), PermataBank menggandeng PD Pasar Jaya untuk melakukan kegiatan akuisisi PermataQR Merchant di pasar modern.

Di Pasar Tomang Barat, menyasar kios-kios pasar agar dapat menerapkan transaksi pembayaran memakai QRIS. Melalui pemindai QR Code besutan PermataBank tersebut, para pedagang diberikan pengalaman bertransaksi secara digital yang lebih simpel, fast, dan reliable.

Banyak sekali manfaat dan kemudahan yang didapatkan dari PermataQR Merchant disampaikan oleh para pedagang kepada Kepala Perwakilan KPw BI DKI Jakarta Bp. Onny Widjanarko, yang melakukan kunjungan ke Pasar Tomang Barat, pada Minggu (11/4/2021).

Dengan memakai PermataQR Merchant, PermataBank berharap dapat memudahkan para pedagang dalam bertransaksi secara digital, khususnya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

PermataQR Merchant bisa diajukan oleh merchant dalam banyak sekali pilihan seperti Sticker, Software di HP, EDC, maupun dengan tampilan QR yang terkoneksi ke Application Programming Interface (API).

Selain kegiatan akuisisi PermataQR Merchant, PermataBank bersama dengan Bank Indonesia juga melakukan talkshow penggunaan dan manfaat QRIS bagi pelaku UMKM.

Pada kesempatan itu, Head of Digital Channel PermataBank Indra Gunawan mengatakan, dengan transaksi pembayaran memakai PermataQR Merchant, merchant akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Misalnya, meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya pengelolaan uang tunai atau kecil karena tidak perlu memberikan kembalian.

Transaksi tercatat otomatis, mengurangi potensi penerimaan uang palsu, serta menurunkan risiko uang tunai hilang atau dicuri, ujarnya dalam siaran pers yang diterima Okezone.com, Selasa (20/4/2021).

Untuk menyokong peningkatan transaksi memakai QR, PermataBank memberikan cashback 30 persen kepada nasabah pengguna PermataMobile X. Cashback ini dapat diperoleh dengan bertransaksi di merchant PermataQR.

Selain itu, PermataBank memberikan program undian berhadiah bagi merchant PermataQR selama Februari - Juli 2021. Sejumlah hadiah yang ditawarkan, yaitu satu unit mobil Toyota Calya, dua unit motor Honda, dan 130 tabungan senilai total Rp300 juta.

Untuk berita lengkap mengenai PermataBank dan PermataQR Merchant, Kamu dapat mengunduh software PermataQR Merchant di PlayStore untuk Android dan AppStore untuk pengguna iOS. Kamu juga bisa mengunjungi www.permatabank.com dan akun Instagram @PermataBank.

CM

(yao)

Comments