Mau Ngemil Takut Gemuk? Ini 7 Tips Pilih Kudapan Sehat

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Mau Ngemil Takut Gemuk? Ini 7 Tips Pilih Kudapan Sehat

Mau Ngemil Takut Gemuk? Ini 7 Tips Pilih Kudapan Sehat

KEPONEWS.COM - Mau Ngemil Takut Gemuk? Ini 7 Tips Pilih Kudapan Sehat Makanan ringan (camilan) yang sehat ialah bagian penting dari diet. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih khawatir akan jenis kudapan yang sehat dan malah memicu lemak menumpuk. Bagaimana solusinya?...

Makanan ringan (camilan) yang sehat ialah bagian penting dari diet. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih khawatir akan jenis kudapan yang sehat dan malah memicu lemak menumpuk. Bagaimana solusinya?

Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan mengatakan sebagai ahli olahraga dan diet, banyak yang mempertanyakan makanan tepat yang dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga.

Menurutnya, makanan ringan atau camilan sehat dapat dikonsumsi di antara waktu makan utama untuk mendapatkan tambahan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

"Jumlah dan jenis makanan ringan harus ditentukan oleh jadwal aktivitas, akademik, kegiatan fisik, bahkan waktu tidur kamu. Kuncinya merupakan membuat pilihan makanan ringan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan tujuan Kamu, kata Dana Ryan, dikutip dari keterangan pers Herbalife Indonesia, Sabtu, 11 September 2021.

Berikut merupakan tips wacana makanan ringan atau camilan yang sehat.

1. Kombinasikan protein tanpa lemak dengan karbohidrat dan/atau lemak sehat

Ilustrasi daging merah. Photo : Pixabay/joon2079 Ilustrasi daging merah.

Padukan makanan kaya protein dengan karbohidrat atau lemak sehat untuk camilan seimbang. Sangat penting untuk mempunyai protein tanpa lemak di setiap makanan dan camilan untuk menyokong pertumbuhan dan perbaikan otot.

Protein juga membangkitkan rasa kenyang, serta membantu menangkal rasa lapar sampai waktu makan berikutnya.

Sementara karbohidrat memberi tubuh dan otak asupan energi. Pilih biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, biskuit atau sereal berserat tinggi, untuk energi yang tahan lama. Lemak sehat, seperti selai kacang atau alpukat, juga memberikan energi dan daya tahan bagi tubuh.

Contoh makanan yang seimbang termasuk yogurt, roti isi dengan daging (sandwich), smoothie buah yang dibuat dari yogurt, pisang dengan selai kacang, keju dan buah.

2. Jangan abaikan isyarat rasa lapar

Ilustrasi makanan. Ilustrasi makanan.

Comments