Matematika membuat kaisar Cina bisa meniduri 121 perempuan setiap 15 hari

Internasional

News / Internasional

Matematika membuat kaisar Cina bisa meniduri 121 perempuan setiap 15 hari

Matematika membuat kaisar Cina bisa meniduri 121 perempuan setiap 15 hari

KEPONEWS.COM - Matematika membuat kaisar Cina bisa meniduri 121 perempuan setiap 15 hari Mulai dari pengukuran waktu sampai ke navigasi laut, matematika menjadi poros dasar peradaban kuno. Perjalanan matematika kita dimulai di Mesir, Mesopotamia, dan Yunani. Tetapi setelah peradaban-perad...

Mulai dari pengukuran waktu sampai ke navigasi laut, matematika menjadi poros dasar peradaban kuno.

Perjalanan matematika kita dimulai di Mesir, Mesopotamia, dan Yunani. Tetapi setelah peradaban-peradaban ini menurun, kemajuan matematika terhenti di belahan dunia barat.

Di bagian timur, matematika justru mencapai puncak kejayaannya.

Di Cina kuno, matematika menjadi kunci dalam perhitungan konstruksi Tembok Raksasa yang panjangnya mencapai ribuan kilometer.

Angka-angka menjadi sedemikian penting sehingga memainkan peran krusial dalam menjalankan kehidupan di Istana Kerajaan.

Perencanaan bercinta

Sistem selir di Kekaisaran Cina berusaha memperbesar kemungkinan suksesi.Getty Images Sistem selir di Kekaisaran Cina berusaha memperbesar kemungkinan suksesi.

Kalender dan gerakan planet mempengaruhi semua keputusan kaisar, sampai ke perencanaan agendanya baik pada siang hari maupun malam hari.

Penasehat kekaisaran memberikan sistem yang memastikan kaisar dapat meniduri sekian banyak perempuan di istananya.

Sistem tersebut didasari konsep matematika bernama geometric progression. Mitos menyebutkan dalam kurun 15 malam, sang kaisar harus meniduri 121 perempuan yang mencakup:

Permaisuri 3 pendamping senior 9 istri 27 selir 81 budak

Jumlah orang dalam setiap kelompok perempuan ini sebanyak tiga kali lipat jumlah orang dalam kelompok sebelumnya, sehingga para ahli matematika dapat membuat jadwal untuk memastikan bahwa pada periode 15 malam, kaisar meniduri semua perempuan di istananya.

Stamina raja Kaisar Kuning, raja pertama Cina.Getty Images Legenda menyatakan raja pertama Cina memerintahkan salah satu dewanya untuk menciptakan matematika pada 2800 SM.

Comments