Masuk Daftar Ilegal, Kini Aplikasi VTube Telah Hilang dari Play Store

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Masuk Daftar Ilegal, Kini Aplikasi VTube Telah Hilang dari Play Store

Masuk Daftar Ilegal, Kini Aplikasi VTube Telah Hilang dari Play Store

KEPONEWS.COM - Masuk Daftar Ilegal, Kini Aplikasi VTube Telah Hilang dari Play Store Ilustrasi Play Store. (Shutterstock) Software yang pernah viral dan sensasional VTube diketahui menghilang dari Play Store. Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga telah m...

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

Software yang pernah viral dan sensasional VTube diketahui menghilang dari Play Store. Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga telah memblokir software VTube.

Software tersebut dinyatakan sebagai ilegal semenjak Juni 2020 lalu. VTube merupakan software yang dikembangkan PT. Future View Tech yang berfokus di bidang advertising.

Tim mencoba menelusuri keberadaan dengan mengetik "VTube" melalui Play Store. Hasilnya, hanya ada beberapa software dengan logo mirip VTube namun itu bukanlah versi asli.

VTube besutan PT. Future View Tech yang asli sudah tak ada lagi di PlayStore. Beberapa software yang ada merupakan versi KW dan juga tersisa tutorial VTube dengan memakai logo sebelumnya.

Meski begitu, VTube yang asli sudah menghilang dari Play Store. Kami juga mencoba sempat memakai VPN dan software VTube masih tak bisa ditemukan di Play Store.

VTube hilang di Play Store. (Play Store)VTube hilang di Play Store. (Play Store)

Software ini ramai diperbincangkan usai usaha kontroversial yang membayar membernya dengan syarat member harus menonton video dan iklan dalam waktu yang bersamaan.

Namun, perusahaan software tersebut kini sudah masuk dalam daftar entitas investasi ilegal oleh Satgas Waspada Investasi semenjak Juni 2020 lalu. Tak hanya itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga sudah mencabut izin atau Tanda Daftar Penyelenggaraan Sistem Eletronik untuk software Vtube.

Dikutip dari , beberapa pengguna Vtube pernah meyakinkan bahwa Vtube ialah usaha legal dan menguntungkan namun gagal. Software ini pernah viral mengingat pihak mereka pernah mengklaim bahwa software tersebut bisa menghasilkan uang.

Vtube, apa itu Vtube, aplikasi ilegal diblokir Kemenkominfo (Google Play)Vtube, apa itu Vtube, software ilegal diblokir Kemenkominfo (Google Play)

Software ini ramai dilirik netizen setelah tersebarnya pesan berantai yang menyatakan bisa mendapatkan uang hanya dengan menonton iklan di software tersebut. Iming-iming Vtube pun tersebar di kanal sosmed, Facebook.

Cara kerja Vtube yaitu dengan memberikan pembagian keuntungan pada penonton iklan di aplikasinya. Setiap penonton akan mendapatkan poin dan poin tersebut yang akan diakumulasikan menjadi rupiah.

Satgas Waspada Investasi (SW) telah memasukkan VTube dalam daftar software ilegal sehingga masyarakat diharapkan tak memakai atau mengunduhnya.

Saat ini Vtube mengaku masih terus berusaha mengurus izin operasional agar bersih dari daftar investasi ilegal yang dirilis Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhir tahun lalu.

Comments