Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta?

Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta?

KEPONEWS.COM - Masker Ganda Bisa Lindungi Tubuh dari Varian Delta? COVID-19 varian Delta harus diwaspadai semua orang, karena kasusnya semakin banyak ditemukan di Indonesia. Walau, pada kenyataannya ada varian lain yang juga sudah ditemukan termasuk Alpha dan Beta. P...

COVID-19 varian Delta harus diwaspadai semua orang, karena kasusnya semakin banyak ditemukan di Indonesia. Walau, pada kenyataannya ada varian lain yang juga sudah ditemukan termasuk Alpha dan Beta.

Perlindungan diri harus semakin diketatkan untuk melindungi diri dari serangan varian Delta yang diketahui lebih mudah menular. Salah satu upaya yang bisa dilakukan merupakan dengan memakai masker double saat di luar rumah.

Masker

Penggunaan masker ganda diakui Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban secara logika dapat melindungi tubuh dari paparan Covid-19 termasuk varian Delta. Ini menjadi penting agar masyarakat memahami betul pencegahan varian tersebut.

"Bila ditanya apakah penggunaan masker 'double' melindungi tubuh dari paparan Covid-19 varian Delta, saya katakan secara logika melindungi. Tapi, yang penting maskernya berbobot," kata Prof Beri, sapaan akrabnya, di Okezone Stories, belum lama ini.

Ketua Satgas IDI Benarkan Covid-19 Varian Delta Bisa Menular meski Hanya Berpapasan

Ia menegaskan, masker 'double' tidak akan memberi manfaat maksimal bila dipakainya asal-asalan, misalnya masker hanya menutupi bagian mulut, tetapi lubang hidung tetap terbuka bebas. Atau juga pakai masker di bawah dagu saja.

"Saya juga mengimbau agar masyarakat tidak memakai masker yang dibuatnya asal-asalan seperti yang banyak beredar informasinya di sosmed. Bila bikin masker sendiri pun pastikan tiga lapis dan sesuai standar kesehatan. Kalau tidak berbobot, ya, tidak akan melindungi," tegasnya.

Potret Krisdayanti Sang Pendekar Kipas, Intip Mimi KD Latihan Wushu Yuk!

Untuk jenis masker yang di-double, Prof Beri memberi contoh masker medis yang kemudian dilapisi masker kain di bagian luarnya. Atau Kamu juga bisa memakai masker medis dan face shield.

"Jangan anggap pakai masker medis itu ribet jikalau mau terlindungi dengan baik. Saya tegaskan sekali lagi, ya, masker ganda itu cukup melindungi tapi harus yang berbobot," terang Prof Beri.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan belum lama ini juga memberikan panduan penggunaan masker ganda. Berikut usulan Kemenkes:

(hel)

Comments