Masak Kangkung Tetap Hijau dan Kriuk, Ini Triknya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Masak Kangkung Tetap Hijau dan Kriuk, Ini Triknya

Masak Kangkung Tetap Hijau dan Kriuk, Ini Triknya

KEPONEWS.COM - Masak Kangkung Tetap Hijau dan Kriuk, Ini Triknya SELAIN bayam dan sawi, kangkung termasuk jenis sayuran hijau yang banyak digandrungi. Apalagi alasannya kalau bukan karena rasanya enak, mudah dibuat dan ramah di kantong.Sebagai sayuran berdaun hijau...

SELAIN bayam dan sawi, kangkung termasuk jenis sayuran hijau yang banyak digandrungi. Apalagi alasannya kalau bukan karena rasanya enak, mudah dibuat dan ramah di kantong.

Sebagai sayuran berdaun hijau, kangkung acap kali berubah warna menjadi kehitaman karena penanganan yang salah, teksturnya juga kadang jadi layu dan tak renyah. Sssttt ada rahasia lho untuk bikin kangkung tetap hijau cerah, bertekstur renyah dan pastinnya jadi masakan lezat.

Parto, pramusaji di kedai mi kangkung si jangkung, Glodok, mengatakan ada triknya buat bikin kangkung tetap menarik meski sudah dimasak dan didiamkan lama. Tak perlu bahan tambahan, cukup masak kangkung dengan cara cepat.

"Kalu direbus, pas air mendidih langsung masukkin kangkungnya, tiga detik langsung angkat. Kalau ditumis, aduk sampai layu terus angkat," kata Parto yang sudah lebih dari empat tahun bergelut dengan kangkung.

Proses pemasakan yang cepat ini menjaga tekstur kangkung tetap renyah dan tidak terlalu layu. Warna hijau kangkung juga tetap terjaga karena tidak over cook atau kematangan.

Pria berdarah Jawa ini juga mengatakan, memasak kangkung juga sebaiknya bagian batangnya digunakan agar tekstur renyahnya maksimal. "Batangnya dipakai, enggak banyak tapi asal ada batangnya. Itu yang bikin enak karena kriuk-kriuk pas dimakan. Kalau batangnya terlalu besar atau tua ya dipotong, gitu aja," pungkas Parto yang ditemui Okezone beberapa waktu lalu ini.

Masak Kangkung Tetap Hijau dan Kriuk, Ini Triknya

Comments