Masak Daging Steak dengan Saus Buah, Ini Keseruan Masak Bareng Chef Vania Wibisono

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Masak Daging Steak dengan Saus Buah, Ini Keseruan Masak Bareng Chef Vania Wibisono

Masak Daging Steak dengan Saus Buah, Ini Keseruan Masak Bareng Chef Vania Wibisono

KEPONEWS.COM - Masak Daging Steak dengan Saus Buah, Ini Keseruan Masak Bareng Chef Vania Wibisono SUDAH pernah coba memasak atau merasakan olahan daging yang disajikan dengan buah? Kreasi masakan ini mungkin masih asing di lidah masyarakat Indonesia. Alasannya adalah, kombinasi daging dan buah-bua...
Loading...

SUDAH pernah coba memasak atau merasakan olahan daging yang disajikan dengan buah? Kreasi masakan ini mungkin masih asing di lidah masyarakat Indonesia. Alasannya adalah, kombinasi daging dan buah-buahan sendiri memang lebih banyak diaplikasikan pada hidangan-hidangan khas western. Padahal, cita rasa yang dihasilkan terbilang unik loh, Okezoners!

Nah, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, hari ini, Sabtu (20/4/2019), Okezone berkesempatan melihat langsung proses pengolahan daging steak dan buah anggur yang diperagakan oleh Chef Vania Wibisono.

Dalam acara bertajuk Taste Australia yang diselenggarakan di AEON Mall, Tangerang, Vania membuat dua hidangan lezat berbahan dasar anggur asli dari Australia. Menu pertama ialah rib eye steak with roasted grape sauce and creamy veggie.

Gaya Nyentrik Menteri Susi Pudjiastuti Tangkap Kapal Asing di Laut Natuna

Untuk hidangan ini, wanita yang gencar mensosialisasikan masakan sehat itu memaparkan bahwa, penggunaan anggur dimaksudkan agar cita rasa saus menjadi lebih segar dengan sensasi rasa manis yang menggugah selera. Ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum mulai mengolahnya.

"Kunci memasak dengan buah-buahan, terutama anggur, jangan masak terlalu lama. Cukup diroast sebentar, untuk memunculkan rasa smoky-nya. Selain itu, jangan kupas kulit anggur karena akan menghilangkan rasa dan nutrisi," ungkap Vania Wibisono.

Proses pemanggangan anggur juga harus dilakukan hati-hati selama kurang lebih 2-3 menit, dan harus langsung tiriskan. Pada proses ini, Vania juga menambahkan olive oil untuk menambah cita rasa.

Selanjutnya merupakan memanggang daging steak sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Selain memakai daging steak, Kamu juga bisa menggantinya dengan seafood seperti daging salmon.

"Sekarang saya sengaja pakai wagyu marble beef. Kenapa daging? karena rasa gurih dan teksturnya yang juicy sangat pas dan bisa menyatu saat disantap bersama saus anggur (grape sauce)" jelas Vania.

"Teknik pengolahan dan bumbunya sederhana banget. Daging bisa dibumbui dulu dengan garam dan lada sekitar 4-5 jam sebelum dipanggang," timpalnya.

Sambil menunggu daging matang, Vania menyiapkan beberapa jenis sayuran segar, mulai dari bawang, bawang putih, seledri, dan wortel. Penggunaan sayuran di sini sangat penting untuk menyatukan rasa gurih daging dan buah anggur.

"Banyak yang belum sadar bahwa dua hal yang kuat itu (daging dan anggur) bisa menyatu. Penyatunya hari ini merupakan sayuran. Jadi kita bisa dapat tiga dimensi rasa. Ada sensasi crunchy dari anggurnya, tekstur juicy dari dagingnya, dan rasa segar dari sayuran," terang Vania.

Potongan sayuran tersebut kemudian diolah lagi dengan beberapa tambahan bumbu pelengkap, seperti butter, cream, dan tentunya buah anggur yang sedari awal tadi sudah dipanggang.

Menurut Vania, kreasi makanan ini juga bisa jadi pilihan makanan sehat bagi para penderita diabetes. Pasalnya, rasa manis yang dihasilkan berasal dari bahan-bahan alami yaitu, anggur itu sendiri.

"Fungsi anggur disini untuk menghasilkan sensasi rasa manis yang alami. Jadi saya tidak memakai gula sama sekali. Sehingga sehat untuk disantap oleh siapa pun. Nah, sebagai pelengkap, hidangan ini disajikan dengan mashed potato," kata Vania.

Benar saja, saat Okezone merasakan olahan steak tersebut, cita rasa gurih daging dan sensasi manis dari saus anggur langsung melebur di dalam mulut. Kombinasi unik ini sepertinya sangat cocok bagi para pencinta steak yang sering merasa mual saat terlalu banyak menyantap daging.

Pesona 10 Wanita Tercantik di Dunia Tahun 2019 Bikin Pria Jatuh Hati

"Bila tidak terlalu suka makanan manis atau ingin less sugar. Anggurnya bisa dikurangi, atau dibelah dua sebelum dipanggang," tutup Vania.

(dno)

Loading...
Loading...

Comments