Masa Transisi, Permintaan Suku Cadang Suzuki Melonjak Tajam

Otomotif

News / Otomotif

Masa Transisi, Permintaan Suku Cadang Suzuki Melonjak Tajam

Masa Transisi, Permintaan Suku Cadang Suzuki Melonjak Tajam

KEPONEWS.COM - Masa Transisi, Permintaan Suku Cadang Suzuki Melonjak Tajam JAKARTA Pandemi Covid-19 sempat membuat lesu industri otomotif nasional karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membuat mobilitas masyarakat menurun tajam, sehingga kendaraan banyak...

JAKARTA Pandemi Covid-19 sempat membuat lesu industri otomotif nasional karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membuat mobilitas masyarakat menurun tajam, sehingga kendaraan banyak yang terparkir dalam waktu lama.

Memasuki masa transisi di mana aktivitas ekonomi berangsur menggeliat, penggunaan kendaraan kembali meningkat. Dampaknya, permintaan suku cadang kendaraan kembali meningkat.

Data pada PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menunjukkan peningkatan penjualan suku cadang dan aksesori resmi Suzuki baik SGP (Suzuki Genuine Parts), SGO (Suzuki Genuine Oil), maupun SGA (Suzuki Genuine Accessories) baik untuk mobil, sepeda motor, maupun Outboard Motor (OBM).

Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Christiana Yuwantie mengatakan, penjualan suku cadang Suzuki mulai meningkat semenjak Juni lalu.

Dia mengatakan, total angka penjualan suku cadang Suzuki baik domestik dan ekspor di semua segmen di Juni 2020 mencapai 92 persen bila dibandingkan dengan periode bulan yang sama tahun 2019, setelah sempat turun selama 3 bulan berturut-turut pada periode Maret Mei 2020.

Meskipun sempat mengalami anjlok total penjualan selama April-Mei 2020 sekitar 32% karena pandemi, nilai penjualan suku cadang Juni 2020 sudah mulai mendekati angka penjualan tahun lalu sebesar 91,6 persen.

Kontribusi kenaikan nilai penjualan terbesar didapatkan dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5% dan juga penjualan oli sebesar 126,5%.

Masa transisi juga membuat total angka penjualan suku cadang OBM di bulan Juni pun mencapai angka 64,3% setelah sebelumnya menyentuh angka 13,6% di bulan Mei 2020.

Christiana menyebutkan, meski penjualan suku cadang OBM di bulan Juni lalu berangsur naik, namun memang belum terlalu signifikan dikarenakan masih sedikitnya turis yang datang untuk wisata ke pulau atau pantai.

Toyota Akan Produksi Lagi Suku Cadang 2000 GT, Dijual Mulai 1 Agustus 2020

Selain bengkel resmi, software My Suzuki juga menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang selama masa pandemi Covid-19. Tercatat jumlah transaksi telah kembali stabil di bulan Juni 2020, setelah sempat turun di bulan April dan Mei 2020.

Pabrik Nissan di Indonesia Bakal Tutup, Komunitas X-Trail Club Prediksi Suku Cadang Lebih Mahal

Dia menyebutkan, area Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesoris. Pada Juni lalu area ini membukukan kenaikan revenue 135,5 persen untuk sepeda motor dan 102,1 persen untuk segmen mobil jikalau dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama.

Suzuki Amankan Stok Suku Cadang di Fase Pandemi Corona

Kemudian disusul Jawa Tengah untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil.

"Permintaan masyarakat akan suku cadang dan aksesori akan terus kami penuhi dan pastikan ketersediaannya," ujar Christiana.

Masa Transisi, Permintaan Suku Cadang Suzuki Melonjak Tajam

Comments