Mari Cari Tahu Apa Itu Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mari Cari Tahu Apa Itu Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya

Mari Cari Tahu Apa Itu Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya

KEPONEWS.COM - Mari Cari Tahu Apa Itu Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya Halo sobat info semuanya. Selamat datang kembali di Blog Mister Songga. Pada berita kali ini, mimin akan membahas wacana apa itu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Oke, langsung saja sima...

Halo sobat info semuanya. Selamat datang kembali di Blog Mister Songga. Pada berita kali ini, mimin akan membahas wacana apa itu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Oke, langsung saja simak berita wacana artificial intelligence di bawah.

Apa Itu Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan? apa-itu-artificial-intelligence


Machine learning atau kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI ialah bagian dari ilmu komputer yang berfokus pada pembentukan mesin dengan kemampuan kecerdasan yang dapat berinteraksi dan bekerja seperti manusia.
7 Prediksi Perkembangan Kamera HP Pada Masa yang akan Datang
Bagaimana Cara Kerja Artificial Intelligence ?
Kita sebagai manusia, mempelajari sesuatu berdasarkan pengalaman kita. Seorang pemain catur, semakin dia sering bermain maka akan semakin jago permainannya. Nah, kurang lebih mesin AI juga melakukan hal seperti itu.



Contoh mesin AI yang pernah ada merupakan Alpha GO. Alpha GO merupakan Artificial Intelligence yang diciptakan untuk permainan GO. Pada awalnya, Alpha GO akan diberikan database sebanyak 100.000 laga GO untuk Ia pelajari.

Setelah AI tersebut berhasil mengetahui cara bermain GO, Ia kemudian akan melawan diri dia sendiri. Setiap kali dia kalah, maka AI tersebut akan melakukan update perihal cara dia bermain. Hal ini terus berulang hingga jutaan kali.

Hal tersebut tentu tidak berbeda dengan cara belajar manusia. Namun, apakah sobat tahu di mana letak perbedaannya? Yap! Komputer AI bisa melakukannya dengan sangat efisien.


Manusia mungkin hanya dapat bermain 1 laga pada satu waktu. Namun, komputer bisa membuat simulasi banyak laga sekaligus.


Pada akhirnya, Alpha Go ditandingkan melawan juara dunia Go. Sobat tahu bagaimana hasilnya? Juara dunia GO tersebut dibuat tak berdaya di hadapannya.


cara-kerja-artificial-intelligenceEkspresi Juara Dunia Go Lee Sedol asal Korea Setelah Dikalahkan Oleh Alpha Go

Lebih gilanya lagi, tidak berselang lama kemudian muncul komputer GO terbaru bernama Alpha GO Zero.
Tidak seperti Alpha GO yang diberikan data 100.000 laga sebagai referensi, Alpha Go Zero diprogram untuk dapat belajar sendiri untuk dapat memenangkan permainan.


Tiga hari. Hanya tiga hari saja yang dibutuhkan oleh Alpha GO Zero untuk menguasai permainan GO dan mengalahkan semua versi dari Alpha GO sebelumnya.


Hebatnya lagi, dalam 40 hari saja komputer ini telah berhasil menemukan cara dan prinsip bermain go yang notabene bila dilakukan manusia membutuhkan ribuan tahun.
7 Daftar Smartwatch Terbaik di Dunia Saat Ini
Artificial Intelligence di Sekitar Kita



Tanpa kita sadari, keberadaan AI sudah ada di mana-mana. Contohnya saja yang dekat dengan kita ialah Google Assistance atau OK Google.


Pernahkah sobat berpikir dari mana google dapat tahu kita berbicara apa? Yap, semua hal tersebut tidak lain dilakukan oleh AI. Natural language processing akan membedah audio suara kita menjadi teks yang dapat dimengerti oleh komputer.


Proses sebaliknya terjadi ketika jawaban diberikan di mana teks akan dibedah menjadi audio untuk memberikan jawaban.


Contoh lainnya ada pada software market place seperti Bukalapak. Sobat pasti dapat melihat banyak sekali macam rekomendasi produk yang ditampilkan khusus untuk kita.


Pertanyaannya, dari mana mereka bisa tahu produk apa yang mungkin kita butuhkan?


Jawabannya merupakan AI. AI akan melihat semua hal yang pernah kita lakukan di software tersebut seperti apa yang kita cari, apa yang pernah kita beli, apa yang kita klik, dan pada akhirnya AI dapat memberikan rekomendasi yang cocok untuk kita.
Hal Misterius dari Artificial Intelligence

Comments