Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon

MotoGP

Sports / MotoGP

Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon

Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon

KEPONEWS.COM - Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon ARAGON - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas MotoGP Aragon yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Jumat (20/9/2019). Pada sesi tersebut Marc Marqu...

ARAGON - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas MotoGP Aragon yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Jumat (20/9/2019).

Pada sesi tersebut Marc Marquez memakai ban keras sehingga membuat dia sempat terjatuh.

Marc Marquez sengaja memakai ban keras agar dapat menyesuaikan dirinya dengan motor bila sesi latihan bebas ketiga (FP3) berlangsung di tengah turunnya hujan atau ketika sirkuit dalam kondisi basah.

"Kami tiba di Aragon setelah menjalani seri balap di sirkuit yang merepotkan kami adalah Sirkuit Silverstone dan Misano. Di dua sirkuit tersebut kami masih berjuang untuk meraih kemenangan dan saya sudah mengatakan kemarin bahwa sirkuit ini mempunyai tikungan dan tata letak yang saya sukai sehingga biasanya cocok untuk saya," kata Marquez.

"Semenjak menjajal lintasan di Aragon, saya menemukan garis lintasan, titik pengereman yang benar, dan bahkan pada putaran ketiga saya bisa melakukan serangan waktu yang baik," ucap Marquez.

Taktik serangan pada pagi hari sangat kontras dengan rencana yang biasa digunakan Marquez pada hari pertama seri balap MotoGP.

Hal itu dia lakukan karena pada Sabtu (21/9/2019), cuaca di Sirkuit Motorland Aragon akan buruk.

"Besok perkiraan cuaca akan turun dan FP3 akan basah. Taktik kami yang pertama ialah menganalisis ban dari tahun lalu dan tahun ini. Kami memperkirakan bahwa ban yang kami inginkan ialah ban bagian belakang yang keras atau lunak," tutur pembalap 26 tahun itu.

"Untuk alasan ini saya mulai langsung dengan ban hard dan itu pilihan yang bagus. Saya merasa siap pada putaran kedua untuk melakukan serangan waktu. Kami sudah membicarakan hal ini dengan Santi (kepala kru) kemarin."

"Mengapa menunggu sampai sore? Kalau Kamu merasa siap di pagi hari itu ialah Rencana A, rencana yang tepat, karena pada sore hari rencananya merupakan bekerja dengan ban bekas dan mencoba menganalisis mana yang lebih baik antara ban belakang lunak dan keras. . "

Pelajaran yang dipetik Marquez dari musim gugur ialah bahwa pilihan ban depan akan tergantung pada suhu.

"Kami juga mempunyai opsi yang sulit di Misano. Cuaca sangat hangat, tetapi ban tidak berfungsi. Di sini sepertinya ada cengkeraman yang lebih baik di lintasan, tetapi suhu lebih rendah," ujar pembalap asal Spanyol itu.

"Sekarang kami mengerti bahwa batas kecepatan kami ialah suhu. Kalau suhu lintasan lebih dingin, kami tidak dapat menggunakannya, bila lebih hangat kami bisa memakai ban lunak."

Marquez dan pembalap MotoGP lainnya akan kembali ke lintasan untuk menjalani sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi pada Sabtu (21/9/2019) atau hari ini, mulai pukul 14.55 WIB.

BACA: https://www.bolasport.com/read/311859305/marc-marquez-antisipisi-turunnya-hujan-pada-fp3-motogp-aragon-2019?page=all

Marc Marquez Sudah Siapkan Ban Khusus Hujan di Sirkuit MotorLand Aragon

Comments