Mantap! Koloni Mars Masa Depan Bisa Didukung oleh Microgrid Maju Ini

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mantap! Koloni Mars Masa Depan Bisa Didukung oleh Microgrid Maju Ini

Mantap! Koloni Mars Masa Depan Bisa Didukung oleh Microgrid Maju Ini

KEPONEWS.COM - Mantap! Koloni Mars Masa Depan Bisa Didukung oleh Microgrid Maju Ini CALIFORNIA - CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, ingin menempatkan sejuta orang di Mars pada abad berikutnya. Mereka akan dibawa ke Planet Mars di armada pesawat luar angkasa, yang masing-masing bisa men...
Loading...

CALIFORNIA - CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, ingin menempatkan sejuta orang di Mars pada abad berikutnya. Mereka akan dibawa ke Planet Mars di armada pesawat luar angkasa, yang masing-masing bisa menampung lebih dari 100 orang dan tinggal di lingkungan yang kehilangan oksigen dan penuh bahaya.

Meskipun tak bisa menghirup udara di Mars, berkat beberapa pemikiran kreatif, Anda bisa mendatangkan banyak hal baik. Mars memiliki potensi besar untuk pembangkit energi. Meski suasananya berdebu, sinar Matahari turun ke permukaan sehingga memungkinkan panel surya.

BERITA REKOMENDASI

Tak hanya itu, angin yang memberi kekuatan penggerak di Mars bisa dimanfaatkan untuk peternakan angin. Raksasa manufaktur industri Siemens berusaha merencanakan kenyataan ini.

(Baca juga: Nih Penjelasan soal Asteroid Trojan Bagian dari Planet Mars)

"Mars akan menjadi microgrid utama. Dengan tak adanya sumber daya terpusat, masyarakat pada suatu waktu akan bergantung di sistem energi terdesentralisasi," kata perusahaan itu di situsnya seperti dikutip dari Space, Kamis (17/8/2017).

Kasus uji besar pertama mereka yakni sebuah reservasi pribumi sekira 5,5 jam di sebelah utara San Francisco. Blue Lake Rancheria merupakan rumah bagi Wiyot Aborigin, yang mencakup anggota suku Wiyot, Yurok, Tolowa, dan Cherokee. Ini merupakan daerah seluas 91 hektare dengan 55 anggota tinggal di antara pegunungan pesisir dan pohon redwood besar.

Sementara daerah ini kaya akan sumber daya alam, Wiyot telah mengalami gangguan rutin dengan jaringan listrik Pacific Gas & Electric dalam beberapa tahun terakhir. Di situlah Siemens melangkah masuk.

"Mereka mendapat ide bahwa mereka ingin melakukan sesuatu terhadap hal itu dan tujuan utama mereka ialah meningkatkan keandalan, dan untuk mengurangi jejak karbon," kata Clark Wiedetz, direktur integrasi microgrid dan terbarukan di Siemens Energy Management.

Hasilnya merupakan microgrid selesai pada April, yang diharapkan bisa menyelamatkan masyarakat lebih dari USD200.000 setahun. Ini mencakup jajaran panel surya 500 kilowatt yang dirancang dan dibangun oleh REC Solar, sistem penyimpanan baterai Tesla, dan kontribusi dari mitra lainnya.

Siemens mengelola microgrid melalui sistem manajemen yang dioperasikan oleh komputer yang memutuskan mana yang terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.

"Mereka memiliki kemampuan untuk mengganti kekuatan apa yang mereka ambil dari grid, ketika itu masuk akal atau ketika turun," kata Wiedetz.

Sistem Siemens membuat keputusan wacana ke mana harus meletakkan kekuatan, mendasarkan analisisnya pada data historis. Bila badai melumpuhkan kekuatan, misalnya, microgrid akan memperkirakan berapa banyak daya yang dibutuhkan untuk penampungan Red Cross di lokasi dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai.

(Baca juga: Ada Masalah Keamanan di Pesawat Luar Angkasa, Elon Musk: SpaceX Harus Tunda Misi ke Mars)

"Sebuah koloni di Mars suatu hari nanti dapat didukung oleh jenis sistem di tempat yang sudah bekerja keras di Bumi," kata perusahaan itu.

Meskipun sistem serupa bisa menjadi jawaban untuk mempertahankan kekuatan di Mars, sulit untuk mengetahui sekarang apa yang setara dengan kebutuhan Mars.

"Kami tidak tahu variabel apa yang akan bekerja dalam persamaan," terang Wiedetz.

Namun dia mengatakan sistem microgrid memang memiliki beberapa kelebihan, salah satunya tak bergantung pada komputasi awan, yang kemungkinan tak akan ada di Mars.

Penduduk Wiyot juga bisa merawat diri mereka sendiri yakni dengan bantuan jarak jauh. Sistem microgrid disesuaikan dari software sebelumnya yang digunakan untuk perusahaan utilitas untuk manajemen energi.

Ini merupakan penggunaan baru untuk teknologi berusia 20 tahun dan Wiedetz mengatakan Siemens melihat cara lain untuk menerapkannya, namun mereka belum siap untuk mengungkapkan di mana mereka berencana untuk melakukannya.

Mantap! Koloni Mars Masa Depan Bisa Didukung oleh Microgrid Maju Ini

Comments