Mantan Menkes Farid Moeloek Sebut Paradigma Sehat di Indonesia Belum Optimal

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mantan Menkes Farid Moeloek Sebut Paradigma Sehat di Indonesia Belum Optimal

Mantan Menkes Farid Moeloek Sebut Paradigma Sehat di Indonesia Belum Optimal

KEPONEWS.COM - Mantan Menkes Farid Moeloek Sebut Paradigma Sehat di Indonesia Belum Optimal Sampai saat ini masalah kesehatan di Indonesia masih cukup banyak. Salah satunya merupakan paradigma hidup sehat yang belum diterapkan secara optimal. Menurut mantan Menteri Kesehatan periode 1998-199...
Loading...

Sampai saat ini masalah kesehatan di Indonesia masih cukup banyak. Salah satunya merupakan paradigma hidup sehat yang belum diterapkan secara optimal. Menurut mantan Menteri Kesehatan periode 1998-1999, Farid Moeloek, salah satu pemahaman yang keliru merupakan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan sebanyak-banyaknya tapi melupakan aspek lainnya.

"Kalau kesehatan hanya berbicara rumah sakit, ada dokter, ada perawat, ada obat, itu tidak betul. Paradigmanya itu sakit, seharusnya paradigma sehat. Salah satunya penyediaan air bersih," ujar Farid Moeloek saat ditemui Okezone di suatu acara di daerah Jakarta Pusat, Selasa 12 November 2019.

Faried Moeloek

Ditambahkan oleh Farid, ketersediaan air bersih dapat menghilangkan sebagian besar penyakit. Angkanya bisa mencapai 80-85 persen. Selain air bersih, butuh juga ketersediaan jamban. Alasannya adalah hingga saat ini masih ada masyarakat yang membuang air di tempat tidak seharusnya seperti kebun dan sungai.

"Setelah air bersih dan jamban, ketiga gizi juga harus bagus. Mulai dari ibu hamil sampai anak-anak, harus bagus semuanya. Mereka harus mendapatkan asupan gizi sesuai usia," kata Farid Moeloek.

Selanjutnya
Loading...

Comments