Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Unik

Ragam / Unik

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

KEPONEWS.COM - Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja Sebagian dari Anda pasti memiliki kebiasaan mendengarkan musik saat bekerja. Tahukah Anda kalau ternyata mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih efektif dalam bekerja? Sementara itu, karyawan yang...


Sebagian dari Anda pasti memiliki kebiasaan mendengarkan musik saat bekerja. Tahukah Anda kalau ternyata mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih efektif dalam bekerja? Sementara itu, karyawan yang sering melakukan kesalahan barangkali ialah mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali saat bekerja.

Ternyata, tidak hanya kebiasaan mendengarkan musik yang memengaruhi kinerja Anda. Jenis musik yang Anda dengarkan saat bekerja pun dapat memengaruhi performa kerja Anda.

Beragam riset ilmiah telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh mendengarkan musik saat bekerja terhadap performa individu. Sebuah studi pada tahun 2014 digelar oleh Mindlab International terhadap sekelompok pekerja yang mendengarkan musik saat diminta menyelesaikan banyak sekali tugas, seperti mengeja, menghitung secara matematis, urut kata, memasukkan data, dan berpikir tak berbentuk.

Seperti yang dikutip dari kompas.com, Studi tersebut melibatkan 26 pekerja sebagai partisipan. Hasilnya, 88 persen pekerja mengerjakan tugas dengan sangat akurat, dan 81 persen menyelesaikan tugas dengan sangat cepat. Para partisipan bisa mengerjakan tugas dengan akurat dan cepat saat mendengarkan musik.

3 Kebiasaan Sehat Yang Malah Akan Membunuhmu

Sementara itu, jenis musik yang Anda dengarkan juga diketahui berpengaruh terhadap performa kerja Anda. Musik klasik baik untuk pekerja yang harus bekerja fokus pada detail. Sementara itu, musik pop bagus untuk didengarkan oleh mereka yang mengerjakan pekerjaan yang dikejar tenggat waktu.

Adapun musik elektronik instrumental yang menenangkan bagus untuk pekerja yang harus memecahkan persamaan matematika. Selain itu, musik jenis dance sangat baik untuk mereka yang harus bekerja melakukan pengecekan dan pemecahan masalah dengan cepat.

Mendengarkan musik memang memiliki beragam manfaat dalam pekerjaan Anda. Namun, perlu diketahui juga bahwa mendengarkan musik dengan lirik juga membuat Anda mudah terdistraksi bila Anda mencoba untuk mengerjakan pekerjaan verbal. Oleh karena itu, pilihlah jenis musik secara cermat sebelum Anda mendengarkannya sambil bekerja.

Comments