Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman Aglonema, Sebagai Pestisida Organik

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman Aglonema, Sebagai Pestisida Organik

Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman Aglonema, Sebagai Pestisida Organik

KEPONEWS.COM - Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman Aglonema, Sebagai Pestisida Organik Dari sekian banyak cara merawat tanaman aglonema, cara yang satu ini menjadi cara yang cukup ampuh untuk dilakukan adalah dengan membuat pestisida alami dari bawang putih. Lalu apa saja manfaat bawang...

Dari sekian banyak cara merawat tanaman aglonema, cara yang satu ini menjadi cara yang cukup ampuh untuk dilakukan adalah dengan membuat pestisida alami dari bawang putih. Lalu apa saja manfaat bawang putih untuk tanaman?

Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita, manfaat bawang putih yang paling umum merupakan digunakan sebagai bumbu dapur.

Namun perlu kamu ketahui bahwa bawang putih sebenarnya juga bermanfaat dalam proses perawatan tanaman hias aglonema. Pada kesempatan ini kami akan mengulas cara membuat pestisida alami dari bawang putih dan cara menggunakannya.

Fungsi Bawang Putih

Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Jantung, Simak 5 Manfaat Bawang Putih

Dalam merawat tanaman aglonema bawang putih mempunyai fungsi sebagai pestisida bagi tanaman hias ini, artinya bawang fungsi dapat digunakan sebagai pengusir serangga atau hama yang secara tidak langsung menggerogoti tanaman tersebut.

Beberapa kandungan yang ada pada bawang putih terbukti dapat berguna untuk mengusir hama yang menempel pada tanaman, selain itu senyawa belerang aktif yang ada pada bawang putih juga dapat mencegah dan menghilangkan bekas jamur yang diakibatkan oleh hama.

Aneka tanaman aglonema. (Pexels/Tiia Pakk)Aneka tanaman aglonema. (Pexels/Tiia Pakk)

Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih

Memakai bawang putih sebagai pestisida tentunya menjadi pilihan yang cukup bijak, pasalnya dengan memakai pestisida dengan bahan dasar alami maka tidak akan menimbulkan efek samping pada tanaman yang kamu miliki, tidak seperti ketika kamu memakai pestisida dengan bahan kimia.

Untuk membuat pestisida alami dari bawang putih kamu cukup melakukan beberapa tata cara di bawah:

3 Ciri Tanaman Aglonema Sedang Stres dan Tips Ampuh untuk Menangkalnya

Siapkan lima bawang putih ukuran sedang.Ekstrak dan buang kulit luarnya.Gunakan peremuk bawang putih untuk menghancurkannya hingga bagian yang sangat kecil.Alternatif lain, hancurkan memakai lesung dan alu.Campurkan dengan 1/2 liter air.Biarkan campuran tersebut terendam setidaknya selama enam jam.Tambahkan beberapa sabun cuci piring. Sebaiknya gunakan sabun berbahan dasar kalium, karena yang terlalu keras akan merusak tanaman.Gunakan kain halus untuk menyaring campuran.Tempatkan dalam botol kaca dengan penutup yang ketat.Bila sudah siap digunakan, encerkan campuran dalam 4 liter air.

Cara Memakai Bawang Putih Untuk Mengusir Hama

Comments