Manchester City Bebas dari Sanksi UEFA, Presiden La Liga Sewot

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Manchester City Bebas dari Sanksi UEFA, Presiden La Liga Sewot

Manchester City Bebas dari Sanksi UEFA, Presiden La Liga Sewot

KEPONEWS.COM - Manchester City Bebas dari Sanksi UEFA, Presiden La Liga Sewot Presiden La Liga Javier Tebas mengaku kesal setelah mengetahui Manchester City sukses dalam banding atas hukuman larangan bermain dalam kompetisi Eropa selama dua musim yang dijatuhi UEFA. Sebagaimana...

Presiden La Liga Javier Tebas mengaku kesal setelah mengetahui Manchester City sukses dalam banding atas hukuman larangan bermain dalam kompetisi Eropa selama dua musim yang dijatuhi UEFA.

Sebagaimana diketahui, City dilarang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA selama dua tahun dan didenda 30 juta euro (sekitar Rp493 miliar) karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Namun, City mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan Senin (13/7/2020), banding mereka disetujui.

Hukuman UEFA untuk City pun dicabut, sehingga tim besutan Josep Guardiola bisa bermain kembali di Liga Champions musim depan dan denda mereka dikurangi menjadi 10 juta euro (sekitar Rp164 miliar).

Gelandang Inggris Manchester City Raheem Sterling (C) menembak untuk mencetak gol kedua mereka selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City melawan Liverpool di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Jumat (3/7) dini hari WIB. [Dave Thompson / POOL / AFP]Gelandang Inggris Manchester City Raheem Sterling (C) menembak untuk mencetak gol kedua mereka selama laga sepak bola Liga Inggris antara Manchester City melawan Liverpool di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Jumat (3/7) dini hari WIB. [Dave Thompson / POOL / AFP]

"CAS menekankan bahwa sebagian besar sangkaan pelanggaran yang dilaporkan oleh Badan Pengawas Keuangan Klub (CFCB) tidak terbukti," kata CAS.

Javier Tebas, yang disebut-sebut menyokong hukuman UEFA bagi City, jelas tidak senang pada hasil banding tersebut.

"Kami harus menilai kembali apakah CAS merupakan badan yang tepat untuk mengajukan banding atas keputusan institusional dalam sepak bola," kata Tebas seperti dikutip dari Goal.

"Swiss merupakan negara dengan sejarah arbitrase yang hebat, CAS tidak memenuhi standar."

Presiden La Liga Javier Tebas berbicara dalam sebuah acara yang berlangsung di Singapura pada 23 Maret 2017 [AFP]Presiden La Liga Javier Tebas berbicara dalam sebuah acara yang berlangsung di Singapura pada 23 Maret 2017 [AFP]

Setelah City mendapatkan larangan dari UEFA pada Februari, Tebas berkomentar di Twitter: UEFA akhirnya mengambil tindakan tegas. Menegakkan aturan Financial Fair Play dan menghukum doping finansial sangat penting bagi masa depan sepak bola.

"Bertahun-tahun lalu, kami menyerukan tindakan keras melawan Manchester City dan Paris Saint-Germain. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali."

City sudah pasti lolos ke Liga Champions musim depan dan masih mempunyai peluang mengangkat trofi musim ini. Mereka unggul 2-1 atas Real Madrid pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions sebelum kompetisi ditangguhkan karena pandemi virus corona COVID-19.

Comments