Malah Tak Sehat, Ini Alasan Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Malah Tak Sehat, Ini Alasan Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Malah Tak Sehat, Ini Alasan Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

KEPONEWS.COM - Malah Tak Sehat, Ini Alasan Tomat Tidak Boleh Disimpan di Kulkas Tomat yang mempunyai tekstur juicy dan menyegarkan merupakan salah satu bahan makanan wajib di dapur karena kerap dimasak dalam banyak sekali olahan. Lalu, kenapa tomat tidak boleh disimpan di kulkas?...

Tomat yang mempunyai tekstur juicy dan menyegarkan merupakan salah satu bahan makanan wajib di dapur karena kerap dimasak dalam banyak sekali olahan. Lalu, kenapa tomat tidak boleh disimpan di kulkas?

Dalam website-nya, Martha Stewart menulis tomat mengandung enzim yang bereaksi terhadap suhu dingin dan bisa menyebabkan membran sel rusak. Jikalau ini terjadi, tomat akan lembek.

"Kamu pada dasarnya menghilangkan rasa dan tekstur dari tomat saat Kamu mendinginkannya," kata Gregory Lofts, wakil editor makanan di Martha Stewart Living.

Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)

Selain itu, Lofts mencatat tomat cepat menyerap bau makanan lain di lemari es sehingga bisa menurunkan kualitas dan rasanya.

Resep Pempek Khas Palembang, Masuk 5 Besar Seafood Paling Enak di Dunia

"Aturan umum saya ialah jangan pernah mendinginkan tomat segar," ungkapnya.

Lalu, berapa lama tomat bertahan pada suhu ruang? Jawabannya tergantung pada tingkat kematangan tomat. Bila sudah mencapai puncak kematangan, tomat harus segera diolah atau dimakan.

Maddy Rotman dari Imperfect Foods memberi tips menyimpan tomat mentah agar bisa matang tepat di suhu ruang. Ia menyarankan untuk menyimpantomat dengan batang menghadap ke bawah sampai siap dikonsumsi.

Lantas, bagaimana dengan tomat-tomat yang sudah terlalu matang? Rotman mengatakan dia suka memasukkan tomat keriput ke dalam saus merah dan menambahkannya ke pizza sebelum dipanggang.

"Memasak tomat lunak ialah cara yang bagus untuk menjaga agar tomat beraroma tidak terbuang sia-sia," kata dia kemudian.

Resep Pempek Dos: Makanan Khas Palembang yang Bikin Ketagihan

Selain tomat, ini deretan buah yang juga tidak boleh disimpan di kulkas dan alasannya.

Pisang

Pisang yang disimpan di dalam kulkas akan cepat bonyok dan menyebabkan perubahan warna kulit. Jikalau sudah begini, pisang jadi cepat busuk dan tak baik dikonsumsi.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang belum matang tepat ketika dipetik sehingga tak bagus bila dimasukkan ke dalam kulkas. Meski begitu, menyimpan alpukat di suhu ruang bersamaan dengan alpukat lainnya sangat bagus karena bisa saling mempengaruhi satu sama lain.

Apel

Buah apel mempunyai kada etilen yang tinggi sehingga tidak cocok disimpan dengan buah dan sayuran lainnya di kulkas. Kalau ingin apel awet, boleh disimpan di suhu dingin kulkas, tapi tanpa dicampur dengan buah lainnya.

Jeruk

Beberapa jenis jeruk yang tak bagus disimpan di dalam kulkas, seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk limau karena kandungan airnya akan berkurang. Jeruk-jeruk ini jadi cepat mengering jikalau disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama.

Demikian penjelasan kenapa tomat tidak boleh disimpan di kulkas. Semoga berita ini bermanfaat.

Kontributor : Rima Suliastini

Comments