Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah

Otomotif

News / Otomotif

Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah

Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah

KEPONEWS.COM - Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah Meski euforia kendaraan listrik sudah cukup tinggi, namun sampai saat ini keputusan mengenai masalah tarif pengisian daya belum juga ditetapkan secara resmi. Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrika...

Meski euforia kendaraan listrik sudah cukup tinggi, namun sampai saat ini keputusan mengenai masalah tarif pengisian daya belum juga ditetapkan secara resmi.

Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM Rida Mulyana, sampai saat ini untuk tarif pasti memang belum ditentukan dan sementara ini masih memakai yang sudah ada.

"Untuk saat ini belum, jadi sekarang ini kita tetap masih yang ada, yaitu Rp 1650 per kWh. Nanti apakah akan naik atau tidak akan dilihat lagi nanti," kata Rida kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Saat ditanya apakah bisa lebih murah, Rida memaparkan hal tersebut sangat memungkinkan terjadi. Apalagi bila ke depan perkembangan kendaraan listrik ini bisa lebih massif lagi di Indonesia.

Namun yang jadi bahan sorotan utama saat ini merupakan kepastian mengenai insentif apa saja yang akan diberikan untuk kendaraan listrik.

Apakah adanya keringanan-keringan yang bersifat membuat banderol mobil dan motor listrik makin terjangkau atau seperti apa.

PLN Luncurkan 22 Charging Station Buat Kendaraan Listrik Akhir Bulan Ini

"Menurut saya kalau tarif itu tinggal tergantung dari economic of scale, kalalu makin banyak pastinya makin murah, masalahnya apakan mobil listiknya itu nanti akan makin terjangkau atau tidak. Bila masih mahal, ibaratnya di atas Rp 1 miliar kan berat," ucap Rida.

Rida memaparkan, ada dua pajak yang membuat kendaraan listrik saat ini mempunyai kisaran harga cukup tinggi di Indonesia, adalah pajak impor dan barang mewah.

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik Meski sudah ada pembahasan soal harmonisasi pajak yang akan dinilai berdasarkan emisi gas buang oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), tapi menurut Rida hal tersebut tidak menjadi jaminan selama realisasinya belum terlihat.

"Harapannya kami itu hilang (pajak impor dan barang mewah), tapi sekarang belum ada hitam di atas putihnya kan, jadi mudah-mudahan saja bisa direalisasikan," uajr Rida.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif Ngecas Kendaraan Listrik Belum Putus"

Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah

Comments