Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari untuk Menjaga Kadar Asam Urat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari untuk Menjaga Kadar Asam Urat

Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari untuk Menjaga Kadar Asam Urat

KEPONEWS.COM - Makanan yang Boleh dan Harus Dihindari untuk Menjaga Kadar Asam Urat Asam urat merupakan produk limbah alami yang dikeluarkan dari tubuh mengikuti pencernaan makanan yang kaya purin. Purin ialah senyawa kimia yang terdiri dari atom karbon dan nitrogen dan dipecah di da...

Asam urat merupakan produk limbah alami yang dikeluarkan dari tubuh mengikuti pencernaan makanan yang kaya purin. Purin ialah senyawa kimia yang terdiri dari atom karbon dan nitrogen dan dipecah di dalam tubuh.

Konon, ketika kita mengonsumsi makanan kaya purin secara berlebihan, tubuh kita mungkin gagal mencernanya, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Peningkatan kadar asam urat dalam peredaran darah juga bisa menyebabkan asam urat.

Karena itu, memperhatikan kebiasaan diet Kamu ialah yang paling penting ketika ingin menghindari hal yang sama, seperti dilansir dari Times of India.

Orang yang menderita asam urat tingkat tinggi harus sangat berhati-hati dengan pola makan dan kebiasaan makan mereka. Selain menghindari makanan kaya purin, Kamu juga harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak lemak, karena dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

Selain itu, jikalau Kamu seorang pecandu alkohol, hindari minum minuman beralkohol lagi, alih-alih meningkatkan asupan air Kamu. Ini dapat mengencerkan urin dan memudahkan tubuh membuang kelebihan asam urat.

Makanan yang harus dihindari

Bila Kamu mempunyai kandungan asam urat yang tinggi dalam tubuh Kamu, penting untuk mengurangi konsumsi daging.

-Hindari makan daging merah, daging cincang dan seafood seperti ikan tenggiri, sarden dan lainnya.

Meskipun kacang-kacangan kaya akan protein dan menghasilkan banyak energi dalam tubuh, hal ini harus dihindari kalau Kamu berurusan dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Minuman manis juga harus dibuang bila menderita hiperurisemia.

Makanan yang diperbolehkan

Cuka sari apel bisa menjadi makanan yang bagus untuk mengatasi asam urat dalam tubuh. Ini mengandung asam malat yang tidak hanya memecah asam urat tetapi juga menghilangkannya dari tubuh.

Kaya akan senyawa yang disebut antosianin, buah beri membantu mengurangi nyeri sendi yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Orang yang menangani masalah asam urat di dalam tubuh sering kali merekomendasikan makanan berserat tinggi. Konon, makanan gandum tidak hanya bergizi tetapi juga kaya serat. Komponen berserat menyerap semua kelebihan asam urat dalam peredaran darah dan mengelolanya secara efisien.

Lemon ialah sumber asam sitrat yang kaya, yang membantu melarutkan asam urat berlebih dalam tubuh.

Comments