Makan Wortel Mentah atau Matang, Mana Lebih Sehat?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Makan Wortel Mentah atau Matang, Mana Lebih Sehat?

Makan Wortel Mentah atau Matang, Mana Lebih Sehat?

KEPONEWS.COM - Makan Wortel Mentah atau Matang, Mana Lebih Sehat? Wortel ialah salah satu sayuran yang baik bagi mata. Karenanya, wortel selalu dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Meski mengandung banyak manfaat sehat, namun sayangnya tidak banyak orang yang ta...

Wortel ialah salah satu sayuran yang baik bagi mata. Karenanya, wortel selalu dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Meski mengandung banyak manfaat sehat, namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu cara mengolah wortel dengan benar agar dapat memanfaatkan nutrisinya secara maksimal.

Pakar gizi klinis, dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK. menyebut bahwa wortel kaya akan Karotenoid (Betakaroten) dan Vitamin A, dan C. Betakaroten sangat baik untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin C kaya antioksidan yang baik untuk mencegah kanker dan penuaan.

"Bila tujuan kita untuk menyehatkan mata, maka yang mau diambil manfaatnya kan, betakaroten, maka sebaiknya wortel direbus atau melalui proses masak," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT Senin 26 Maret 2018.

Ilustrasi mata minus dan wortel.

Menurutnya betakaroten akan mudah didapat jikalau dalam kondisi wortel yang lunak.

"Dengan proses masak, betakaroten akan lebih keluar dan mudah didapat oleh tubuh."

Lain dengan betakaroten, ternyata Vitamin C dalam wortel justru mudah larut dalam air dan hilang dalam proses pemanasan.

"Kalau kita mau ambil manfaat vitamin C wortel, maka sebaiknya konsumsi yang mentah, misalnya di jus, atau diambil sari-sarinya."

Jus wortel

Lebih lanjut, Juwalita memberikan berita bagaimana memasak wortel yang baik agar dapatkan manfaat betakaroten dan vitamin C sekaligus.

"Caranya dimasak, namun tidak terlalu lama. Kalau direbus hanya cukup 4-5 menit. Sedangkan kalau dipanggang juga jangan lama-lama, tak lebih dari 7 menit."

Untuk menjaga rasa wortel agar tetap manis, Juwalita menyarankan sebaiknya wortel tidak disimpan bersama sayuran yang lain.

"Disimpan di lemari es atau di kulkas jangan dicampur dengan apel atau sayuran lain, karena kalau berkontak akan terasa lebih pahit."

Comments