Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus

Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus

KEPONEWS.COM - Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus APAKAH Kamu termasuk orang yang banyak makan saat sahur? Bahkan, bisa melahap makanan dua piring besar karena takut nanti lapar di siang atau sore harinya. Ya, sebagian orang beranggapan bahwa dengan...

APAKAH Kamu termasuk orang yang banyak makan saat sahur? Bahkan, bisa melahap makanan dua piring besar karena takut nanti lapar di siang atau sore harinya.

Ya, sebagian orang beranggapan bahwa dengan makan sahur banyak, perut akan terisi lebih banyak dan mempertahankan rasa kenyang yang panjang. Tapi, apakah konsep ini tepat?

Heboh Hoax Badan Memar Dijilat Setan, Ini Kata Dokter Nadia Alaydrus

Dokter Nadia Alaydrus dalam unggahan Instagram terbarunya memaparkan bahwa itu ialah perilaku salah kaprah yang sama sekali jangan ditiru dan tidak ada pembenarannya. Menurut dia, makan banyak saat sahur malah akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja bahaya makan banyak saat sahur versi Dokter Nadia Alaydrus?

1. Berat badan naik

Makan banyak saat sahur justru akan membuat berat badan Kamu naik.

Ilustrasi sahur.

2. Bikin cepat lapar

Terdengar aneh bukan, makan banyak kok malah bikin cepat lapar. Menurut Dokter Nadia Alaydrus, hal tersebut karena pada saat Kamu makan berlebihan, hormon Leptin yang mengatur sinyal kenyang dan lapar di otak itu jadi terganggu.

"Akibatnya, muncul rasa lapar padahal perutnya masih penuh," terang dia dalam video yang kini sudah ditonton lebih dari 45 ribu kali tersebut.

3. Bikin gampang mengantuk

Ya, makan banyak saat sahur akan membuat Kamu justru gampang ngantuk. Ini akan berdampak pada ketidakstabilan aktivitas harian Kamu di esok harinya. Maksudnya, bisa menggangu aktivitas Kamu.

Wajib Tahu! Tali Masker Hanya Estetika, Bukan untuk Menggantung Masker

4. Bikin perut tidak nyaman

"Efek ini bisa muncul karena rata-rata lambung orang dewasa itu hanya bisa menampung 1 hingga 1,5 liter. Makanya, kalau lebih dari itu biasanya perut jadi kembung, penuh, rasa enggak nyaman, dan yang lainnya," ungkapnya.

Jadi, Dokter Nadia Alaydrus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak makan berlebihan saat sahur. Kalau itu sudah jadi kebiasaan, maka hentikan segera ya, supaya kondisi kesehatan tetap terjaga dan puasa Ramadhan dapat dijalani dengan bugar tanpa gangguan kesehatan.

(han)

Comments