Makan Gorengan Bikin Batuk, Mitos atau Fakta?

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Makan Gorengan Bikin Batuk, Mitos atau Fakta?

Makan Gorengan Bikin Batuk, Mitos atau Fakta?

KEPONEWS.COM - Makan Gorengan Bikin Batuk, Mitos atau Fakta? SALAH satu cara untuk menghindari sakit tenggorokan merupakan dengan tidak makan gorengan. Tapi, apakah benar gorengan telah menjadi penyebab utama kita batuk? Bagi kebanyakan orang, waktu ngopi sore...

SALAH satu cara untuk menghindari sakit tenggorokan merupakan dengan tidak makan gorengan. Tapi, apakah benar gorengan telah menjadi penyebab utama kita batuk?

Bagi kebanyakan orang, waktu ngopi sore rasanya kurang afdol kalau tidak ditemani sepiring gorengan hangat. Tapi ada satu yang jadi masalah. Hampir setiap kali habis menyantap bakwan goreng, tenggorokan jadi terasa lengket dan gatal, juga batuk tidak berkesudahan. Kenapa ya, makan gorengan bikin batuk?

Mayoritas kasus batuk disebabkan oleh virus penyakit menular seperti flu umum atau sejumlah kondisi medis lainnya (misal, asma atau bronkitis). Tapi batuk juga bisa diakibatkan oleh iritan asing, seperti gorengan camilan favorit Kamu.

Sebenarnya, alasan di balik kenapa makan gorengan bikin batuk bukanlah makanannya itu sendiri, melainkan minyak jelantah yang digunakan untuk menggoreng. Demi menghemat biaya produksi, penjaja gorengan pinggir jalan seringkali diharuskan untuk mengulang pemakaian minyak goreng sampai dagangannya laku terjual.

. Tapi batuk juga bisa diakibatkan oleh iritan asing, seperti gorengan camilan favorit Anda.

Penggunaan minyak goreng yang berulang menyebabkan pembentukan akrolein karena suhu pemanasan minyak goreng yang sudah melebihi titik asapnya. Akrolein merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan di tenggorokan yang menimbulkan rasa gatal menyiksa.

Pada dasarnya, batuk merupakan refleks umum manusia yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan jalur pernapasan dari partikel asing, mikroba, polusi, lendir, dan iritan. Gorengan juga sering kali digoreng kering dan mempunyai tekstur kasar, yang dapat mengiritasi dinding tenggorokan Kamu.

Di samping itu, makanan berlemak dan berminyak lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga mungkin menekan proses kekebalan tubuh Kamu, yang dapat memperburuk peradangan tenggorokan. Dari sinilah anggapan makan gorengan bikin batuk berasal.

Comments