Makan Cokelat Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Makan Cokelat Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi

Makan Cokelat Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi

KEPONEWS.COM - Makan Cokelat Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi Hari Valentine selalu identik dengan cokelat. Banyak orang yang memberikan cokelat kepada pasangan mereka sebagai bentuk cinta dan kasih sayang. Namun sayangnya, meski rasa kudapan ini begitu lezat da...

Hari Valentine selalu identik dengan cokelat. Banyak orang yang memberikan cokelat kepada pasangan mereka sebagai bentuk cinta dan kasih sayang.

Namun sayangnya, meski rasa kudapan ini begitu lezat dan menggugah selera, ada rumor yang mengatakan terlalu banyak makan camilan khas Valentine bisa bikin badan gemuk dan berujung pada obesitas.

Nah, untuk menjawab problem ini, Okezone telah melakukan wawancara khusus dengan Ati Nirwanawati, Ahli Gizi dari RSUD Tanjung Priok. Dia membenarkan bahwa cokelat bisa menaikkan berat badan dan memicu obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan.

"Cokelat itu mengandung lemak dan kalori karena terbuat dari campuran produk dairy dan gula. Apalagi cokelat susu yang sering kita temukan di supermaket. Bila dikonsumsi secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan berat badan akan bertambah," terang Ati.

Dark Chocolate

Sebagai gantinya, Ati merekomendasikan cokelat hitam atau dark chocolate yang dinilai rendah kalori dan mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan. Kandungan ini diklaim ampuh memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Meski cokelat hitam diklaim lebih sehat, bukan berarti kudapan ini tidak mempunyai kandungan lemak dan kalori. Semua kandungan itu ada meski tidak sebanyak cokelat susu.

Selanjutnya

Comments