Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah?

Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah?

KEPONEWS.COM - Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah? SETIAP orang pasti pernah merasakan makan berlebihan dalam satu waktu. Lalu muncul kekhawatiran berat badan akan langsung naik. Apakah benar bisa terjadi secepat itu? Dikutip dari Times of India, Rabu...

SETIAP orang pasti pernah merasakan makan berlebihan dalam satu waktu. Lalu muncul kekhawatiran berat badan akan langsung naik. Apakah benar bisa terjadi secepat itu?

Dikutip dari Times of India, Rabu (2/12/2020), dinilai tidak mungkin menambah berat badan dengan makan berlebihan satu kali. Apalagi bila memerhatikan fluktuasi berat badan terutama disebabkan retensi air dari mengonsumsi garam yang berlebihan.

7 Cara Mengerem Diri agar Tak Makan Berlebihan saat di Rumah Aja

Jikalau Kamu melakukan penghitungan, maka 453 gram (1 pon) lemak tubuh sama dengan 3.500 kalori. Jadi untuk menambah berat badan 500 gram, Kamu harus mengonsumsi 3.500 kalori dalam satu waktu. Ini akan menjadi jumlah makanan yang sangat banyak dan tidak mungkin dimiliki seseorang dalam satu waktu.

Kamu mungkin pernah mendengar kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka bertambah 5 kilogram selama musim liburan. Namun kenyataannya, kebanyakan orang hanya bertambah 1 kg.

Ilustrasi makan berlebihan. (Foto: Stevepb/Pixabay)

Berdasarkan studi terbaik yang diterbitkan New England Journal of Medicine, seseorang hanya bisa mendapatkan 1 kg selama periode liburan enam minggu. Hanya kurang dari 10 persen orang yang terlibat dalam penelitian ini memperoleh sekira 2 kg selama waktu tersebut.

Sering Kalap, Ini 5 Tips Berhenti dari Kebiasaan Makan Berlebihan

Makan berlebihan sekali tentu tidak menyebabkan penambahan berat badan, tetapi dapat menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan retensi air. Jadi yang terbaik ialah makan dalam jumlah sedang.

Kamu tidak perlu merasa bersalah dengan makan berlebihan dalam satu waktu karena tidak akan memengaruhi berat badan. Namun, jangan menjadikannya kebiasaan.

Comments