Makam Manusia Tertua Ditemukan di Afrika

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Makam Manusia Tertua Ditemukan di Afrika

Makam Manusia Tertua Ditemukan di Afrika

KEPONEWS.COM - Makam Manusia Tertua Ditemukan di Afrika Tim peneliti internasional untuk pertama kalinya menemukan makam tertua yang disengaja, dari individu Homo sapiens di Afrika. Makam yang terletak di dalam gua dekat pantai di Kenya itu milik seorang...

Tim peneliti internasional untuk pertama kalinya menemukan makam tertua yang disengaja, dari individu Homo sapiens di Afrika.

Makam yang terletak di dalam gua dekat pantai di Kenya itu milik seorang anak kecil sekitar 78.000 tahun lalu.

Anak itu baru berusia sekitar tiga tahun ketika meninggal.

Tubuhnya meringkuk ke samping, seolah-olah tidur atau menghangatkan diri, dan kepala anak itu diletakkan dengan hati-hati di atas bantal.

Ditemukan Gua Bukti Neanderthal Berhubungan Intim dengan Manusia Modern

Para ilmuwan menamai tubuh anak itu Mtoto, yang dalam bahasa Swahili berarti anak.

"Ini merupakan bukti paling awal yang kita miliki di Afrika perihal manusia yang hidup secara fisik," kata Maria Martin n-Torres, ahli paleoantropologi yang memimpin penemuan pemakaman kuno itu.

Mtoto. [Eurakalert]Mtoto. [Eurakalert]

Investigasi rumit selama berbulan-bulan oleh tim Pusat Penelitian Evolusi Manusia Nasional (CENIAH), mengungkap tengkorak dan tulang anak kecil Homo sapiens.

Penguburan Homo sapiens yang lebih tua telah ditemukan di Eropa dan Timur Tengah, beberapa berasal dari sekitar 120.000 tahun lalu.

Tetapi kerangka Mtoto merupakan bukti tertua dari penguburan yang disengaja di Afrika hingga saat ini.

13 Manusia Tertua Indonesia Ada di Serang, Usianya 120 Tahun, Masih Hidup

Menurut para ahli, jarak 40.000 tahun antara penguburan Homo sapiens tertua yang diketahui dan penguburan Mtoto, mungkin mencerminkan fakta bahwa arkeologi paleolitik relatif baru di Afrika dibandingkan dengan Eropa dan Asia.

Comments