Main PUBG Mobile di India Bisa Dipenjara, Kok Bisa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Main PUBG Mobile di India Bisa Dipenjara, Kok Bisa?

Main PUBG Mobile di India Bisa Dipenjara, Kok Bisa?

KEPONEWS.COM - Main PUBG Mobile di India Bisa Dipenjara, Kok Bisa? JAKARTA - Game PUBG Mobile akhir-akhir ini tampaknya mendapatkan sorotan dari banyak sekali pihak. Terutama di India, game bergenre battle royale mendapatkan perhatian yang kuat karena dianggap dapat...

JAKARTA - Game PUBG Mobile akhir-akhir ini tampaknya mendapatkan sorotan dari banyak sekali pihak. Terutama di India, game bergenre battle royale mendapatkan perhatian yang kuat karena dianggap dapat memberikan efek buruk karena kecanduan permainan tersebut.

Dilansir Thequint, Senin (11/3/2019), beberapa hari setelah game mobile multiplayer itu mengumumkan ulang tahun pertamanya, game ini mengalami masalah dengan penegak hukum India. Awalnya game itu dilarang oleh polisi Rajkot, dan sekarang beberapa kota lain mengikutinya.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komisaris Polisi Rajkot Manoj Agrawal, larangan yang mulai berlaku semenjak 9 Maret akan berlanjut hingga 30 Maret 2019.

Distrik-distrik India lainnya seperti Bhavnagar dan beberapa bagian Gir Somnath juga menyerukan pelarangan game dengan alasan game itu membuat ketagihan dan berbahaya bagi anak-anak. Hakim distrik kedua daerah ini mengeluarkan pernyataan yang melarang PUBG.

Selama pelarangan, siapa pun dapat mengeluh terhadap seseorang yang bermain PUBG dan kalau terbukti bersalah, tindakan tegas akan diambil terhadap pelanggar atau pemain di bawah pasal 188 dari IPC.

Bunyi pasal 188 dari IPC menyataka, "Kalau ketidaktaatan seperti itu menyebabkan atau cenderung menyebabkan penyumbatan, gangguan atau cedera, atau risiko penyumbatan, gangguan atau cedera, bagi siapa pun yang dipekerjakan secara sah, dihukum dengan hukuman penjara sederhana untuk jangka waktu yang dapat diperpanjang hingga satu bulan atau dengan denda yang bisa mencapai dua ratus rupee, atau dengan keduanya".

Larangan serupa telah diberlakukan pada 'momo challenge', yang memaksa orang untuk menyelesaikan serangkaian tantangan.

Menteri IT di India Sebut PUBG Game 'Iblis', Ini Alasannya

(ahl)

Comments