Mahfud MD: Era Pak Jokowi Tidak Ada Satupun Isu Pelanggaran HAM

Nasional

News / Nasional

Mahfud MD: Era Pak Jokowi Tidak Ada Satupun Isu Pelanggaran HAM

Mahfud MD: Era Pak Jokowi Tidak Ada Satupun Isu Pelanggaran HAM

KEPONEWS.COM - Mahfud MD: Era Pak Jokowi Tidak Ada Satupun Isu Pelanggaran HAM Laporan Wartawan Tribunnews, Igman Ibrahim JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengklaim era kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak...

Laporan Wartawan Tribunnews, Igman Ibrahim

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengklaim era kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ada satupun pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Semula, Mahfud memaparkan mengenai definisi pelanggaran HAM yang menjadi versinya.

Dia bilang, peristiwa bisa dikatakan pelanggaran HAM apabila dilakukan secara terencana oleh aparat dan pemerintah.

Gibran dan Bobby Maju Pilkada, Jokowi: Ini Kompetisi Bukan Penunjukan

"Pelanggaran HAM by law menurut definisi hukum merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh aparat pemerintah dengan terencana dan dengan tujuan tertentu. Itu pelanggaran HAM," kata Mahfud di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Sementara itu, imbuh Mahfud, suatu peristiwa yang tidak dirancang secara sengaja namun terdapat unsur pelanggaran HAM tidak bisa dibilang suatu peristiwa pelanggaran HAM.

Dia berpendapat itu hanya kejahatan atau tindakan kriminal biasa.

Didatangi Mahfud, Kapolri Bahas Rencana Kenaikan Tipe 7 Polda dan Bentuk Kabahumas

"Suatu kejahatan atau kriminal orang membunuh atau oknum menganiaya orang itu pelanggaran HAM, tapi bukan pelanggaran HAM. Itu namanya kejahatan meskipun isinya pelanggaran HAM," ungkapnya.

"Ada polisi diamuk oleh rakyat itu bukan pelanggaran HAM. Ada rakyat ngamuk ke rakyat itu bukan pelanggaran HAM. Itu yang sifatnya horizontal itu kejahatan namanya kerusuhan," sambungnya.

Dengan definisi itu, Mahfud menyebut, tidak ada satupun peristiwa yang dianggap pelanggaran HAM di era kepemimpinan Jokowi semenjak 2014 lalu.

"Coba lihat di era Pak Jokowi semenjak 2014 sampai sekarang tidak ada satupun isu pelanggaran HAM. Kejahatan dan pelanggaran oleh oknum juga banyak dan itu sedang diproses," tukasnya.

Mahfud MD: Era Pak Jokowi Tidak Ada Satupun Isu Pelanggaran HAM

Comments