Mahasiswa difabel ini ciptakan alat fisioterapi, keren banget

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mahasiswa difabel ini ciptakan alat fisioterapi, keren banget

Mahasiswa difabel ini ciptakan alat fisioterapi, keren banget

KEPONEWS.COM - Mahasiswa difabel ini ciptakan alat fisioterapi, keren banget Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM ciptakan alat fisioterapi. Mereka ialah Muhammad Fahmi, Danar Aulia dan Widiyanto yang tergabung di tim software AVEO (Achilles Physiotherapy Orthosis). Ide ini muncul dar...

Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM ciptakan alat fisioterapi. Mereka ialah Muhammad Fahmi, Danar Aulia dan Widiyanto yang tergabung di tim software AVEO (Achilles Physiotherapy Orthosis). Ide ini muncul dari Fahmi yang mengalami kelumpuhan semenjak remaja. Sepatu ciptaan mereka sekaligus pencegah kontraktur pada engkel kaki.

"Jadi sepatunya nanti akan mencegah kontraktur dengan cara sepatu melakukan pergerakan sebagai fisioterapi. Kalau orang lumpuh harus sering-sering melakukan fisioterapi, namun keterbatasan waktu atau kesadarannya kurang, jadi memakai sepatu ini bisa lebih ringkas dan mudah," kata Fahmi.

Fakmi menuturkan, awalnya ide berasal dari dia, karena pengalaman pribadi yang mengalami penyakit dunchne muscular distropy yang menyebabkan kelumpuhan. Dari kelumpuhan yang dialami Fahmi, muncul ide untuk membuat sepatu fisioterapi. "Kalau ide sebenarnya sudah lumayan lama, tercetus dari saya semenjak SMA, tapi untuk eksekusinya baru saya lakukan bertepatan dengan Program Kreatifitas Mahasiswa kemarin," tuturnya.

Bagaimana cara kerjanya? Sepatu AVEO digerakan melalui software pada smartphone. Bisa diatur secara otomatis dan manual. Kecepatan gerakan sepatu juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan sepatu ini dirasa akan memudahkan proses fisioterapi. Rekomendasi dari dokter sendiri sehari itu harus setengah jam sampai satu jam, jadi dengan sepatu ini akan lebih mudah.Sudah dievaluasi, sepatu AVEO ternyata bisa mempercepat proses fisioterapi. Dari yang seharusnya 30-60 menit bisa menjadi 15-30 menit.

Keren ya sepatu fisioterapi karya anak bangsa!

Mahasiswa difabel ini ciptakan alat fisioterapi, keren banget

Comments