Los Mbako, Bangunan Paling Instragamable di Klaten

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Los Mbako, Bangunan Paling Instragamable di Klaten

Los Mbako, Bangunan Paling Instragamable di Klaten

KEPONEWS.COM - Los Mbako, Bangunan Paling Instragamable di Klaten Klaten - Di Klaten ada sebuah bangunan yang lagi happening di Instagram. Bukan gedung mewah, tapi sebuah tempat pengeringan tembakau yang sederhana bernama Los Mbako.Ada banyak cara orang untuk mengek...

Klaten - Di Klaten ada sebuah bangunan yang lagi happening di Instagram. Bukan gedung mewah, tapi sebuah tempat pengeringan tembakau yang sederhana bernama Los Mbako.

Ada banyak cara orang untuk mengekspresikan diri di media sosial. Di Klaten, Anda perlu mencoba untuk tampil bersama bangunan unik nan sederhana bernama Los Mbako.

Ini adalah bangunan yang digunakan oleh para petani untuk mengeringkan daun tembakau setelah dipetik dan sebelum dicacah untuk menjadi bahan baku cerutu dan rokok. Di Klaten, Anda bisa menemukan ratusan Los Mbako di areal persawahan.

Bangunannya tinggi dengan ukuran besar, memanjang dan lantai dasarnya model panggung. Hampir seluruh bangunan terbuat dari bambu, kecuali atap yang biasanya berupa daun alang-alang atau daun tebu kering.

Foto: Bangunan tradisional ini berlokasi di banyak desa di Klaten (Muchus/detikTravel)

Sejak masa penjajahan Belanda hingga sekarang, Klaten memang dikenal sebagai kawasan penghasil tembakau khas dan pilihan. Tembakau dari Klaten dan sekitarnya disebut tembakau Vorstenlanden.

Disebut demikian karena berada di kawasan Kerajaan Kasunanan Surakarta. Tembakau Vorstenlanden biasanya dipilih untuk bahan baku cerutu dan rokok kelas satu.

Foto: Bangunan ini pun sangat Instagramable (Muchus/detikTravel)

Cerutu Vorstenlanden sangat tekenal sejak ratusan tahun lalu, dijual secara terbatas di kalangan berduit dan pemburu cita rasa cerutu khas daerah tropis. Jika datang ke pedesaaan-pedesaan di Klaten, Anda tidak akan kesulitan menemukan Los Mbako.

Los Mbako tersebar di banyak kawasan pedesaan atau areal persawahan. Misalnya di Kecamatan Kebonarum, Polanharjo, Jatinom, Ngawen, atau bahkan di kawasan pinggiran kawasan Kota Klaten. (rdy/fay)

Los Mbako, Bangunan Paling Instragamable di Klaten

Comments