Lorenzo Puji Keberanian Marquez

MotoGP

Sports / MotoGP

Lorenzo Puji Keberanian Marquez

Lorenzo Puji Keberanian Marquez

KEPONEWS.COM - Lorenzo Puji Keberanian Marquez Jakarta - Marc Marquez jatuh berkali-kali namun tetap bisa meraih gelar juara 2017. Keberanian Marquez mengambil risiko membuat rivalnya, Jorge Lorenzo, salut.Marquez sukses mempertahankan gelarnya se...
Jakarta - Marc Marquez jatuh berkali-kali namun tetap bisa meraih gelar juara 2017. Keberanian Marquez mengambil risiko membuat rivalnya, Jorge Lorenzo, salut.

Marquez sukses mempertahankan gelarnya sekalipun mengalami 27 kecelakaan. Jumlah itu 10 lebih banyak daripada musim-musim sebelum Marquez dan hanya dilampaui oleh rookie Sam Lowes.

Akan tetapi, Marquez seakan tahu betul kapan waktu dia bisa jatuh dan tidak. Pasalnya, di saat balapan, pebalap Honda Repsol ini hanya dua kali jatuh selama 18 seri sedangkan 25 crash-nya terjadi di latihan bebas, kualifikasi, atau saat warm-up.

"Marquez ialah orang yang istimewa. Berbeda dari pebalap yang lain. Jauh lebih proaktif, tidak takut jatuh. Selama ini dia tidak mengalami cedera parah, jadi kepercayaan dirinya tidak banyak terkikis," ucap pebalap Ducati itu di Crash.net.

"Tapi memang begitulah cara dia membalap, mentalitas dia, dan juga cara dia hidup. Selalu gas pol, selalu mendesak, bahkan saat berlatih dengan Supermoto. Setiap pebalap punya skill sendiri-sendiri, bagi dia merupakan serangan dan tidak takut jatuh. Untuk Marquez itu berhasil," lanjut Lorenzo.

Lorenzo menilai Marquez bukannya jatuh tanpa pertimbangan. Justru sebaliknya. Menurut pebalap Spanyol itu, Marquez sudah memperhitungkan di bagian lintasan mana yang dia perlu mengambil risiko besar.

"Hal bagusnya untuk Marc merupakan sebelum setiap latihan dia melakukan sedikit analisa, dia mempelajari, di area mana saja dia bisa mendesak lebih kuat, mengurangi risiko cedera. (Dia mengidentifikasi) bagian mana yang lebih baik untuk lebih mendesak, tidak mengambil banyak risiko kecelakaan besar dan cedera parah," sambung dia.

"Jadi dia selalu mencoba untuk terus mendesak di tikungan-tikungan yang lebih aman daripada di tikungan-tikungan yang punya risiko lebih besar. Untuk alasan ini, kupikir dia biasanya tidak cedera."

Akan tetapi, Lorenzo bukan tipe seperti Marquez. Juara dunia MotoGP tiga kali itu enggan mengambil risiko sebesar kompatriotnya itu.

"Aku selalu berpikir lebih baik untuk tidak jatuh! Tapi juga (tanpa jatuh) akan lebih sulit bagi Anda untuk tahu seberapa batasnya. Jadi ada keuntungan dan kerugian dengan pendekatan seperti itu," Lorenzo menambahkan.
(rin/raw)


Lorenzo Puji Keberanian Marquez


Comments