Long Weekend di Cirebon, Ini Itinerarynya

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Long Weekend di Cirebon, Ini Itinerarynya

Long Weekend di Cirebon, Ini Itinerarynya

KEPONEWS.COM - Long Weekend di Cirebon, Ini Itinerarynya Cirebon - Masih resah mau ke mana long weekend nanti? Yuk coba ke Cirebon, banyak wisata seru di sana.Kalau mencari kota dengan banyak sekali macam atraksi, cobalah ke Cirebon. Mulai dari wisata sejar...

Cirebon - Masih resah mau ke mana long weekend nanti? Yuk coba ke Cirebon, banyak wisata seru di sana.

Kalau mencari kota dengan banyak sekali macam atraksi, cobalah ke Cirebon. Mulai dari wisata sejarah sampai masakan yang lezat bisa kamu dapatkan di sana.

Belum pernah ke sana? Jangan resah. Kali ini, Kamis (30/11/2017), detikTravel telah merangkum itinerary buat kamu yang ingin traveling ke Kota Udang tersebut:

Hari 1

1. Hunting Batik Cirebon

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Sesampainya di Cirebon pagi hari, letakkan koper di penginapan. Yuk mulai jalan-jalan dengan mencari batik khas Cirebon. Cirebon memiliki motif batik yang khas, yakni motif Megamendung.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi ialah Pusat Grosir Batik Trusmi yang terletak di Desa Trusmi. Di sini, traveler bisa berburu batik mulai dari harga Rp 10.000 sampai jutaan rupiah. Batik Trusmi sudah mulai dibuka pukul 08.00 WIB sehingga traveler bisa berbelanja mulai pagi hari.

2. Makan siang Empal Gentong

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Salah satu masakan yang harus traveler coba saat ke Cirebon merupakan Empal Gentong. Potongan daging empuk dengan kuah kuning yang lezat menjadi perpaduan yang cocok.

Traveler yang ingin mencoba bisa ke Empal Gentong Amarta atau Empal Gentong Apud yang populer, letaknya bersebelahan di Jalan Juanda, Desa Battembat, Tengah Tani. Semangkuknya hanya Rp 15 ribu saja.

3. Ziarah ke Makan Sunan Gunung Jati

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Dulu, salah satu Wali Songo yakni Sunan Gunung Jati menjadi penyebar Agama Islam di Kota Udang. Kini, makamnya yang berlokasi di Astana Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi. Bahkan, tidak yang hanya Muslim saja, juga masyarakat Tionghoa. Karena dulunya, istri dari Sunan Gunung Jati merupakan putri Tionghoa.

Di bagian belakangnya, terdapat Masjid Astana Gunung Jati, tempat dulu Sunan Gunung Jati juga berdakwah. Lokasi masjid ini ada di kontur perbukitan, menyebabkan masjid ini memiliki lantai unik yang berundak-undak. Tempat imam berada di undakan paling tinggi.

4. Menikmati malam di Masjid At Taqwa dan Jalan Kartini

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Menyusuri Alun-alun Cirebon, traveler akan menemui Masjid At Taqwa. Masjid ini bernuansa modern, lengkap dengan minaret yang menjulang tinggi.

Letaknya berada di Jalan Kartini. Bagi yang muslim, biasa melaksanakan Salat Maghrib atau Salat Isya di sini. Setelah itu, bisa jajan dan merasakan banyak sekali masakan lezat di sepanjang Jalan Kartini. Di sinilah tempat muda mudi Cirebon berkumpul saat malam hari.

Hari 2

1. Sarapan di Tahu Kopeci Kuningan

Punya satu hari yang leluasa, cobalah day trip ke kota tetangga Cirebon, yakni Kuningan. Kotanya sejuk dengan banyak sekali aktivitas menarik. Salah satu masakan yang harus dicoba dan cocok dijadikan sarapan merupakan Tahu Lamping yang dijual oleh toko Tahu Kopeci.

Rasanya pun gurih dan lezat daripada Tahu Sumedag. Letaknya 1 kilometer setelah Masjid Agung Kuningan ke arah Ciamis. Harganya pun murah, hanya Rp 500 saja per buahnya.

2. Wisata di Kolam Cibulan

Di jalan raya Kuningan-Cirebon, terdapat objek wisata tertua di Kapubaten Kuningan. Di sini, terdapat beberapa area rekreasi kolam renang dari sumber mata air murni bebas kaporit.

Uniknya, di sini ada satu spesies ikan mas yang disebut ikan dewa. Ini merupakan jenis ikan mas kuno dan masih lestari sampai saat ini yang konon punya kekuatabn mistis. Tapi, jumlahnya tidak pernah kurang atau lebih dari dulu. Bahkan, ada juga 7 mata air keramat di belakang kolam renang. Mau coba?

3. Belajar Sejarah di Museum Linggarjati

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Traveler yang gemar wisata sejarah, cobalah ke Museum Linggarjati yang letaknya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kuningan. Di sinilah, tempat digelarnya perundingan RI dengan pemerintah Belanda.

Struktur bangunan masih asli seperti dahulu kala. Di sekitarnya terdapat foto-foto dokumentasi yang terpajang seperti perdana menteri saat itu, Sutan Sjahrir dan delegasi Belanda dan beberapa tokoh sejarah lainnya. Bahkan, foto serta pesan membangun presiden RI pertama Soekarno juga terpampang di sini.

4. Belanja Oleh-oleh di Teh Diah

Meninggalkan Kuningan, jangan lupa beli oleh-oleh. Beberapa buah tangan khasnya merupakan tape ketan dan camilan keripik. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi merupakan Toko Oleh-oleh Teh Diah.

Selain itu, juga ada minuman jeruk nipis peres (Jeniper), opak dan ranggingang yang lezat. Oleh-oleh Teh Diah berada di pinggir Jalan Raya Kuningan-Cirebon , tepatnya di daerah Cilimus.

Hari 3

1. Sarapan Nasi Jamblang Mang Dul

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Belum ke Cirebon kalau tidak merasakan Nasi Jamblang. Salah satu tempat favoritnya ialah Nasi Jamblang Mang Dul yang terletak di Gunung Sari, depan Grage Mall.

Nasi dibungkus daun jati, dengan aneka lauk pauknya siap mengisi perut dan menambah energi untuk mengelilingi Cirebon di hari terakhir. Sate kentang, telur, daging, cumi dan tempe tahunya punya bumbu khas yang sayang untuk tidak dicoba.

Pilihan lainnya ialah Nasi Jamblang Ibu Nur di belakang Grage Mall. Satu lagi Nasi Jamblang Pelabuhan. Semua punya penggemar fanatik masing-masing.

2. Berkeliling Pasar Pagi

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2016/07/11/d1d14eec-9600-4cbf-82b5-04696241df44.jpg?w=780

Masih kurang berbelanja oleh-oleh? Cobalah ke Pasar Pagi yang terletak di Jalan Siiwangi. Di sinilah, pusat oleh-oleh lengkap dan murah ala Cirebon.

Mulai dari sirup Tjampolay yang legendaris, dendeng ikan, kerupuk melarat dan aneka olahan ikan lainnya tersedia di sini. Di sekitar pasar pagi seperti di Jalan Sukalila Selatan juga terdapat aneka toko oleh-oleh lezat.

3. Eksplor Keraton Kasepuhan

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Rasanya belum lengkap kalau ke Cirebon tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan. Keraton ini ini merupakan Keraton tertua di Kota udang.

Keraton Kasepuhan punya museum baru berisi kereta kencana bernama Singa Barong dengan ukiran yang keren, ada tengkorak buaya putih dan ada juga lukisan Prabu Siliwangi yang konon matanya bisa melirik. Ssst, ada ukiran kamasutra juga lho.

Museum baru ini punya bermacam fasilitas. Seperti CCTV, audio visual sampai cenderamata dan kantin pun tersedia. Koleksinya juga bermacam-macam, mulai dari benda pusaka yang ditinggalkan zaman Pajajaran akhir, peninggalan Sunan Gunung Jati, Panembahan (Panca Sunan) hingga era Kesultanan mulai dari Sultan Sepuh I hingga Sultan sepuh XIV.

4. Pergi ke Tamansari Sunyaragi

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Tempat terakhir di Cirebon, cobalah berkunjung ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Ini ialah Taman Sari Keraton seperti yang dimiliki Yogyakarta, namun dengan arsitektur yang berbeda.

Tamansari Sunyaragi sudah menjadi destinasi yang dikunjungi keluarga bila berkunjung ke Cirebon. Ada beberapa gua buatan yang juga bisa dijadikan tempat foto. Di sini aneka sudutnya juga selalu menarik untuk dijelajahi dengan nuansa Cirebon kuno yang khas. (sna/fay)

Comments