Lima Produsen Mobil Jepang Ikuti Jejak Toyota

Otomotif

News / Otomotif

Lima Produsen Mobil Jepang Ikuti Jejak Toyota

Lima Produsen Mobil Jepang Ikuti Jejak Toyota

KEPONEWS.COM - Lima Produsen Mobil Jepang Ikuti Jejak Toyota TOKYO -Toyota merupakan salah satu produsen mobil di dunia yang mempunyai banyak hak paten terhadap pengembangan teknologi mobil otonom atau kendaraan tanpa sopir. Bahkan Toyota membuka diri bagi peru...
Loading...

TOKYO -Toyota merupakan salah satu produsen mobil di dunia yang mempunyai banyak hak paten terhadap pengembangan teknologi mobil otonom atau kendaraan tanpa sopir. Bahkan Toyota membuka diri bagi perusahaan yang ingin memakai paten miliknya untuk pengembangan mobil otonom tersebut. Langkah inilah yang membuat lima produsen mobil di Jepang mengikuti jejak Toyota dengan berhubungan dalam satu perusahaan.

Inisiatif pengembangan kendaraan tanpa pengemudi ternyata mulai menarik minat produsen mobil Jepang. Hal tersebut diawali dengan kerjasama antara SoftBank Corp. dengan Toyota Motor Co. pada tahun lalu. Keduanya membentuk perusahaan gabungan yang mempunyai nama Monet Technologies Inc.

Perkembangan terbaru menunjukkan adanya ketertarikan lima produsen mobil Jepang lain untuk bergabung dengan proyek tersebut. Mereka merupakan Mazda Motor, Suzuki Motor, Subaru Corp., Isuzu Motor Ltd., dan Daihatsu Motor.

mobil otonom

Kelima perusahaan akan mendapat bagian saham kepemilikan Monet Technologies. Saham mayoritas dalam perusahaan gabungan tersebut sebelumnya dimiliki oleh SoftBank dengan porsi sekitar 40,2 persen. Menyusul kemudian Toyota dengan total kepemilikan saham sebesar 38,9 persen. Hino Motor Ltd, yang sudah bergabung lebih dulu mengambil jatah sekitar 10 persen.

Sebanyak 10 persen jatah saham yang tersisa akan dibagi oleh lima perusahaan yang tertarik bergabung belakangan. Namun, belum diketahui berapa total nilai dana yang terkumpul dari kerjasama pengembangan unit kendaraan tanpa pengendara ini.

Langkah kerjasama antara produsen mobil dengan pengembang piranti lunak Jepang tersebut juga memancing minat perusahaan negara lain. Uber, sebagai contoh, dikabarkan tertarik memakai unit kendaraan tanpa pengemudi hasil pengembangan Monet Technologies. Mobil itu akan mereka gunakan untuk melebarkan jasanya di pasar Jepang.

(muf)

Loading...

Comments