Lima Makhluk yang Ditelan Hiu Hidup - Hidup, Salah Satunya Guru

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Lima Makhluk yang Ditelan Hiu Hidup - Hidup, Salah Satunya Guru

Lima Makhluk yang Ditelan Hiu Hidup - Hidup, Salah Satunya Guru

KEPONEWS.COM - Lima Makhluk yang Ditelan Hiu Hidup - Hidup, Salah Satunya Guru Ilustrasi ikan hiu pemburu. (Sharkpix) Hiu merupakan makhluk dengan peringkat teratas dalam rantai makanan di lautan. Makhluk yang ditelan hiu biasanya mempunyai kemungkinan kecil untuk selamat. Bers...


Ilustrasi ikan hiu pemburu. (Sharkpix)

Hiu merupakan makhluk dengan peringkat teratas dalam rantai makanan di lautan. Makhluk yang ditelan hiu biasanya mempunyai kemungkinan kecil untuk selamat.

Bersama dengan Paus Orca (paus pembunuh sejenis lumba-lumba), hiu merupakan predator yang sangat mematikan di lautan. Dengan memakai kecepatan dan ketangkasan dalam memburu mangsa, ia bisa disamakan dengan macan tutul atau citah (cheetah) di daratan.

Bahkan hiu macan dan hiu putih terkenal mempunyai reputasi tinggi karena memakan apa yang ada di depan mereka. Tak peduli apakah mereka mangsa atau sampah yang tak dapat dimakan, mereka pasti melahapnya juga.

Ikan hiu terkenal sebagai predator laut yang memilki nafsu makan yang sangat tinggi. Manusia harus berhati-hati bila berhadapan dengannya ketika di dalam laut.

Berikut lima makhluk yang ditelan hiu hidup-hidup:

1. Seorang Guru

Sam Kellet. (Abc.net)Sam Kellet. (Abc.net)

Menurut International Shark Attack Files, data mengenai serangan hiu tak beralasan dikonfirmasi sebanyak 2.866 serangan semenjak tahun 1580.

Australia Barat terkenal karena mempunyai perairan yang paling mematikan dengan jumlah serangan hiu paling fatal tertinggi di dunia.

Meskipun serangan hiu pada manusia masih cukup langka namun mereka pernah terjadi. Data yang ada semenjak tahun 2015, terdapat 98 laporan di seluruh dunia mengenai serangan tak beralasan hiu terhadap manusia.

Kisah paling mengerikan terjadi pada Februari 2014 di lepas pantai Australia Selatan. Sam Kellet seorang guru berusia 28 tahun diketahui juga merupakan seorang freediving yang menyukai keindahan bawah laut.

Menurut saksi pada pemeriksaan kematian Kellet, hiu menyerangnya dan menelannya secara utuh. Setelah diselidiki oleh pihak kepolisian, benda yang tersisa setelah penyerangan itu ialah speargun (senjata berburu bawah laut) dan dua timbel.

2. Anjing Peliharaan

Ilustrasi kesepian. (Pixabay/ Free-Photos)Ilustrasi anjing. (Pixabay/ Free-Photos)

Pemilik anjing yang tinggal di resor pantai Australia sepertinya harus tetap mengawasi anjing peliharaan mereka.

Pada tahun 1958 dalam bukunya yang berjudul Shark Attack, Sir Victor Coppleson mengenang penemuan kepala dan kaki depan seekor bulldog.

Sisa makhluk tersebut ditemukan di dalam perut seekor hiu macan yang diciduk di Sydney Harbour. Dia juga mencatat bahwa seekor anjing berjenis spaniel ditemukan di perut hiu macan di Pantai Bodi, Australia.

3. Sapi

Hiu macan memakan sapi. (Yahoo News)Hiu macan memakan sapi. (Yahoo News)

Hiu juga tercatat pernah memakan seekor sapi hidup-hidup. Salah satu insiden tersebut terekam pada sebuah video pada Oktober 2016.

Insiden tersebut menampilkan hiu macan memakan zebu bertanduk (mirip sapi dan mempunyai punuk) di Samudera Hindia.

Rekaman santap malam hiu itu tersebar dan dilaporkan oleh saluran gosip di seluruh dunia. Dikutip dari Daily Mail, juru kamera yang pemberani menjatuhkan kameranya di bawah air untuk merekam hiu macan itu.

Masih belum jelas bagaimana sapi bisa tenggelam di laut, namun diperkirakan sapi sebelumnya berada di dalam kapal pengangkut yang berada di sekitarnya.

Sapi tenggelam dari jarak 500 meter dari pantai dan langsung menjadi santapan hiu macan.

4. Buaya

Buaya vs hiu. (Smh)Buaya vs hiu. (Smh)

Pada tahun 2013, sebuah kepala buaya raksasa terdampar di pantai Saint Lucia, Afrika Selatan. Kepala buaya tanpa badan tersebut diduga kuat sebagai korban serangan ikan hiu.

Kepala buaya terputus dari badannya dan terdapat bukti bekas gigitan yang diteliti oleh para ilmuwan sebagai gigi ikan hiu. Buaya malang itu diperkirakan bertarung dengan ikan hiu putih berukuran raksasa.

Di atas kertas, pertempuran predator kelas atas di puncak rantai makanan seharusnya dimenangkan oleh buaya air asin. Makhluk itu dapat mengalahkan ikan hiu terutama di perairan dangkal.

Masih belum jelas bagaimana ikan hiu putih dapat mengalahkan buaya yang satu itu. Namun sepertinya sang buaya sedang mengalami ''Bad Luck''.

5. Ular berbisa

Ular laut berbisa. (iStock)Ular laut berbisa. (iStock)

Kita harus waspada terutama bila berkesempatan liburan di Shark Bay, Australia Barat. Lokasi tersebut diketahui mempunyai populasi hiu macan terbesar di dunia.

Teluk itu menyimpan banyak spesies hiu dan setidaknya enam spesies ular laut berbisa.

Meskipun ular laut berbisa ialah musuh utama manusia di laut, mereka hanyalah ''santapan'' umum bagi hiu macan.

Dikutip dari Listverse, ilmuwan pernah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa ternyata hiu macan tak terpengaruh oleh racun yang dihasilkan ular laut.

Itulah tadi makhluk yang ditelan hiu hidup-hidup, menurut kamu mana yang paling mengerikan?

Comments